0
Home  ›  Blogging

7 Tips Cara Memilih Web Hosting Yang Berkualitas Bagus Baik dan Benar

Web hosting adalah sebuah layanan yang penting untuk Anda sebagai seorang blogger atau para pemilik website untuk dapat menyimpan data atau file anda, baik itu berupa tulisan, gambar, script, aplikasi dan lain sebagainya. Biasanya layanan web hosting disewa dengan jangka sewa yang umumnya berlaku dan dihitung pertahun.

Ada banyak sekali penyedia hosting yang menawarkan harga yang terbilang cukup murah dan tentunya bisa digunakan. Tetapi, ada pepatah yang mengatakan ‘ barang murah tidak menjamin kualitas’ lah artinya semakin murah harga yang diberikan oleh mereka maka akan semakin buruk pula kualitas dari hosting tersebut.

Untuk pemilihan penyedia web hosting yang salah bisa saja dapat membuat website anda menjadi buruk dan tidak bekerja secara maksimal sehingga dapat merugikan anda sendiri. Untuk menghindari hal ini, maka Anda harus memiliki beberapa trik untuk memilih jasa penyedia web hosting yang baik dan berkualitas. Kali ini saya bukan hanya akan memberikan referensi penyedia hosting terbaik, tetapi juga akan memberikan tips memilih hosting yang bagus untuk website anda sehingga dapat diandalkan dan mampu membuat website Anda bekerja secara optimal.


1. Lihat Popularitas dari Penyedia Hosting Tersebut
Hal yang wajib anda ketahui yang pertama sebelum kita membahas lebih jauh dalam tentang isinya adalah dengan mengetahui seberapa popular kah penyedia hosting tersebut. Saya mengatakan demikian bukan berarti yang tidak populer sama dengan tidak bagus dan tidak berkualitas, tetapi itu merupakan satu point penting dalam memilih hosting.
Biasanya hosting yang baik dan berkualitas adalah dengan memiliki beragam sertifikat, seperti dari ICANN, atau dari Google Apps, nah berarti hosting tersebut sangat direkomendasikan.

Cara mengetahui kepopuleran penyedia hosting lainnya adalah dengan melihat tanggal berdirinya penyedia hosting tersebut. Jika sudah lama berdiri dan masih eksis sampai sekarang ini, berarti penyedia hosting tersebut sangatlah terpercaya dan sudah banyak membernya.

2. Perhatikan Harga atau Biayanya
Anda harus lebih teliti dengan seksama harga yang ditawarkan oleh penyedia web hosting tersebut, biasanya mereka memiliki paket-paket dengan harga tertentu, tetapi anda harus bandingkan beberapa web hosting agar anda bisa mengetahui dengan pasti pasaran harga hosting yang akan anda pakai. Kalau perlu anda tanyakan kepada pemilik website atau blogger lain tentang berapa harga yang pas untuk website anda dan penyedia layanan hosting mana yang bagus.

3. Cek Total Penyimpanan Data dan Bandwidth yang Disediakan
Tips berikitnya untuk bisa mendapatkan penyedia hosting yang baik dan berkualitas adalah dengan melakukan cek total penyimpanan data dan bandwidth yang disediakan peyedia. Hosting yang sesungguhnya merupakan tempat penyimpanan data tentu memiliki kapasitas tertentu.

Nah, untuk itu cobalah anda untuk menyesuaikan total penyimpanan data dan bandwidth dari penyedia layanan tersebut dengan kebutuhan website yang Anda gunakan. Ini sangat penting karena dengan penyimpanan data dan bandwidth yang sesuai maka website kita akan bisa bekerja secara optimal dan maksimal.

4. Keamanan serta privasi data pengguna yang sudah terjamin.
Web Hosting, Cloud Computing, dan File, ataupun tipe penyimpanan file online lain harus mendapat perhatian yang khusus, dengan keamanan yang ketat dan tingkat privasi yang cukup tinggi kepercayaan konsumen terhadap penyedia jasa hosting akan tetap terjaga dan membuat penggunanya terus-menerus menggunakan jasa layanan dari penyedia jasa hosting tersebut, reputasi adalah segalanya.

Jadi jika anda ingin mengetahui kualitas serta performa suatu webhosting yang sudah terbukti berkualotas, anda bisa saja mengetahui melalui situs dan blog yang sudah populer, dengan memanfaatkan Whois anda bisa tau hosting apa yang di gunakan, Contoh situs atau web yang sudah populer bisa anda cari sendiri di internet.

5. Kehandalan & Kecepatan
Jika suautu saat seseorang mengunjungi website atau blog anda dan ternyata website atau blog sedang tidak bisa dibuka karena server sedang down maka itu akan menjadikan kerugian yang besar buat anda, karena bisa jadi dia enggan untuk balik lagi dilain waktu. Oleh karena itu penting untuk memastikan hosting yang anda pilih sudah terpercaya dan dapat diandalkan dengan semaksimal mungkin. Selain kekuatan, kecepatan juga sangat penting, jangan sampai website atau blog anda saat dibuka meresponnya sangat lama karena kualitasnya yang tidak bagus, jadi anda bisa bertanya kepada pengguna lain, atau biasanya web hosting yang bagus itu menyediakan versi trial untuk percobaan. Manfaatkan hal tersebut dengan baik.

6. Perhatikan Layanan Tambahan yang Mereka Berikan
Ini merupakan opsi atau pilihan bagi anda sendiri, lihat saja apa yang membedakan penyedia hosting dari yang satu dengan yang lainnya.
Banyak  sekali penyedia hosting yang menawarkan layanan tambahan, seperti contohnya satu klik langsung jadi website, garansi uang kembali, layanan full backup, dan masih banyak lagi, tergantung dari pihak yang menyediakannya.

7. Support
Jika anda kebingungan, atau jika server yang anda gunakan tiba-tiba mati sedangkan anda sedang berada jauh dari komputer maupun laptop, tentu pihak web hosting adalah orang yang paling anda butuhkan pertama kali, jadi pastikan dulu jika mereka menyediakan layanan dan support yang baik, bersedia melayani anda setiap saat dan setiap waktu. Pastikan juga support apa saja yang mereka berikan, jangan-jangan penyedia hosting tersebut hanya memberikan bantuan untuk hal-hal tertentu saja. Karena semakin banyak fitur bantuan yang diberikan makin bagus tentunya.

Berikut adalah penyedia hosting berkualitas baik bagus dan benar
  • Dewaweb.Com – Layanan Terbaik
  • Rumahweb.Com – Server Terbaik
  • Unlimited.Id – Penyimpanan Terbaik
Yang paling saya tekankan di artikel ini saat memilih hosting yang terbaik dan berkualitas itu adalah pada layanan dan fasilitas yang disediakan oleh mereka atau pemilik hosting tersebut. Dan pilihlah layanan terbaik, server yang cepat, dan jumlah penyimpanan yang luas, sehingga kita mudah berkreasi dalam membuat sebuah blog.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS