0
Home  ›  PC

Cara Mengembalikan Kembali File dan Folder yang Hilang di Flashdisk

Cara Mengembalikan Kembali File dan Folder yang Hilang di Flashdisk, Jika sewaktu-waktu anda membuka flashdisk pada sebuah laptop atau komputer namun tidak mendapati file/folder anda disana, padahal anda tidak pernah menghapus file/folder tersebut, maka berarti file/folder itu berada dalam kondisi hidden atau tersembunyi.

Hal ini sering kali terjadi karena ulah virus atau malware yang ditujukan untuk drive penyimpanan seperti sebuah flashdisk. Kehadiran malware atau virus ini karena kebiasaan anda mencolokkan flashdisk atau hard disk pada banyak laptop atau komputer. Atau bisa saja flashdiks tersebut dicabut dengan tidak benar, tanpa di eject terlebih dahulu.


Sebetulnya virus/malware ini tidak terlalu berbahaya, tetapi perlahan tapi pasti, jika virus/malware penyembunyi file/folder ini terus anda dibiarkan atau dihiraukan begitu saja, maka siap-siaplah directory C atau sarang instalasi anda untuk diserang olehnya.

Hal tersebut yang saya jelaskan di atas adalah situasi yang terparah yang bakal Anda alami. Dan supaya dapat menghindari agar hal itu tidak sampai terjadi, dan agar kegelisahan atau kegaluan anda atas hilangnya file/folder di flashdisk dengan secara tiba-tiba, maka lakukan cara berikut ini untuk mengembalikan file/folder yang ter-hidden di flashdisk anda itu.

Setidaknya ada dua cara yang dapat anda lakukan atau gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan anda simak secara saksama tutorilanya dibawah ini:

Mengembalikan file/folder tersembunyi di flashdisk atau harddisk
Ini adalah cara yang sudah sering dilakukan oleh banyak orang yang menjadi korban malware/virus penyembunyi file/folder, dan cara ini pun cukup terbilang ampuh untuk mengatasinya. Caranya adalah:
  • Colokkan terlebih dahulu flashdisk anda pada komputer atau laptop.
  • Setelah itu silahkan buka command promt dengan menekan logo Windows + R secara bersamaan.
  • Kemudian ketikkan cmd
  • Maka command promt akan tampil. Pada tahap ini lihat dan pastikan terlebih dahulu posisi drive untuk flashdisk anda, apakah dia berada di bagian drive E atau F atau G atau H bisa anda cek terlebih dahulu karena masing-masing komputer/laptop berbeda-beda. Contoh, jika posisi flashdisk anda  berada pada drive E.
  • Pada command promt tersebut ketikkan E: lalu enter.
  • Kemudian ketikkan lagi perintah attrib -s -h *.* /s /d lalu enter
  • Silahkan cek data berupa file atau folder di flashdisk Anda, apakah sudah muncul kembali atau belum.
Harusnya dengan melakukan cara seperti itu, semua file/folder yang tersembunyi di dalam flashdisk sudah muncul kepermukaan dan dapat diakses kembali seperti biasanya.
Jika ternyata file/folder tidak juga nongol atau muncul sebagaimana mestinya, silahkan anda lanjutkan dengan mengikuti/menggunakan langkah cara kedua berikut ini.

Menampilkan kembali file/folder yang ter-hidden di flashdisk
Cara ini akan menggunakan sebuah software dari pihak ketiga. Tepatnya menggunakan antivirus buatan negara kita yaitu Indonesia bernama Smadav Antivirus. Jadi pastikan di komputer atau laptop yang ingin anda gunakan untuk menjalankan cara ini sudah terinstal antivirus Smadav.

Jika laptop atau komputer anda berlum terinstal, silahkan download antivirus Smadav terbaruterlebih dahulu. Install software itu seperti biasa.

Setelah proses instalasi selesai, silahkan scan flashdisk anda menggunakan antivirus Smadav tersebut. Maka file/folder yang hilang atau hidden pun dapat diakses kembali.

Berbicara mengenai antivirus, jika anda mencari-cari antivirus apa yang bagus untuk digunakan para perangkat smartphone Android, berikut ini ada beberapa informasi mengenai Antivirus Android (APK) Terampuh, Terbaik dan tentunya Ringan.

Semoga bisa dapat membantu dan selamat mencoba, terima kasih!
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS