0
Home  ›  IOS

Cara Mudah Mengetahui Baterai iPhone yang Bocor atau Rusak

Cara Mudah Mengetahui Baterai iPhone yang Bocor atau Rusak, Baterai memang sesuatu yang paling penting pada perangkat gadget kita. Tak terkecuali di produk Apple, iPhone yang sudah mendunia ini. Nah, dikarenakan memang sudah lama atau berumur kinerja baterai pun lambat laun akan menurun. Atau, karena sesuatu hal yang membuat baterai iPhone kita tiba-tiba saja mudah habis atau terkuras.

Apalagi ketika anda menggunakan iPhone setelah waktu yang sangat lama atau baru membeli iPhone bekas, ada kalanya anda memeriksa baterai iPhone tersebut bisa jadi baterainya bocor atau rusak.

Terdapat beberapa cara untuk memeriksa bagian mana yang menyebabkan baterai menjadi bocor atau rusak. Tetapi sebelum menjalankan langkah-langkah di bawah ini, sebaiknya anda menerapkan terlebih dahulu tips-tips penghematan baterai pada perangkat iOS. Bila kemungkinan tetap tidak membuahkan hasil, baru anda gunakan langkah-langkah di bawah untuk memastikan keadaan baterai iPhone anda benar-benar baik atau tidak.


Kalibrasi Baterai
Sebelum anda melakukan langkah-langkah mengcek baterai iPhone yang bocor atau rusak, yang perlu anda lakukan pertama kali adalah melakukan kalibrasi baterai. Bagaimana cara melakukan kalibrasi baterai di iPhone?
Caranya cukup mudah. Pertama-tama kosongkan baterai iPhone hingga benar-benar habis. Setelah itu tunggu 2-3 jam. Lalu isi baterai iPhone tersebut hingga penuh. Jangan ada gangguan apapun saat mengisi baterai. Pokoknya sekali ini harus langsung 100%. Tidak boleh terputus proses pengisiannya.

Mematikan Location Services
Kadang-kadang baterai iPhone anda bisa saja menjadi boros karena aplikasi-aplikasi yang sudah anda install yang secara aktif memanfaatkan location services di iPhone. Aplikasi akan secara otomatis meminta izin terlebih dahulu sebelum menggunakan location services, dan “biasanya” pemilik iPhone tersebut cuma memilih “Allow” tanpa mempertimbangkan apakah aplikasi tersebut benar-benar membutuhkan lokasi Anda untuk berfungsi dengan benar atau sebaliknya.

Dengan mematikan location services, kita bisa memastikan bahwa pemborosan baterai bukan terjadi karena ada aplikasi-aplikasi yang jahil. Selanjutnya Anda hanya cukup gunakan iPhone seperti biasanya seperti contohnya anda memainkan beberapa games yang ringan di iPhone , menggunakan beberapa aplikasi jejaring sosial, dan mengambil foto dengan kamera. Dalam keadaan normal, iPhone seharusnya bisa bertahan lebih hingga 4 jam.

Langkah-langkah untuk mematikan Location Services (iOS 6):
1. Pilih Settings » Privacy.
2. Setelah itu Ubah Location Services menjadi OFF.

Anda juga boleh membiarkan location services di iPhone anda dalam keadaan nyala dan mematikan satu per satu aplikasi yang menggunakan location services tersebut. Kemudian Anda menyalakan satu per satu location services aplikasi setiap harinya. Tetapi anda harus mencatat aplikasi yang dinyalakan pada hari itu untuk melihat perbandingan dengan tempo hari.

Menyalahkan Airplane Mode
Teknik yang paling sederhana untuk memeriksa atau mengetahui apakah baterai iPhone anda sudah rusak atau masih dalam keadaan normal. Dengan menyalakan Airplane Mode, maka iPhone tidak bisa menggunakan jaringan telepon sehingga tidak ada telepon masuk atau SMS masuk, dan tranmisi data.
iPhone bisa dikatakan dalam status standby setiap saat. Keadaan ini dapat memungkinkan anda untuk mengukur performa baterai tanpa ada gangguan dari layanan lainnya.

Selanjutnya gunakan aplikasi sewajarnya saja bukan dengan memainkan games secara terus menerus dan pantau berapa lama baterai iPhone anda bisa bertahan. Bila baterai iPhone tidak bisa bertahan sampai 4 jam ke atas, maka baterai kemungkinan besar bermasalah.

Teknik di atas memang merepotkan karena dalam keadaan Airplane Mode nyala atau mode pesawat, anda tidak dapat menerima panggilan. Jadi lakukan eksperimen ini hanya pada weekend atau liburan saja, saat jaringan telepon tidak dibutuhkan.

Langkah-langkah menyalakan Airplane Mode:
1. Pilih Settings.
2. Ubah Airplane Mode menjadi ON.

Hal terakhir yang perlu saya sampaikan kepada anda semua adalah baterai mempunyai umur. Seiring dengan pemakaian, kapasitas baterai otomatis akan berkurang dengan sendirinya. Jadi cara yang saya tuliskan di atas hanya berlaku untuk baterai yang umurnya di bawah 1 tahun. Bila umur baterai iPhone sudah melebihi 3 tahun, otomatis ia tidak akan bertahan layaknya seperti baterai baru. Apabila ada pertanyaan atau saran mengenai artikel ini, silakan tinggalkan komentar anda dibawah.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS