0
Home  ›  Kesehatan

Penyebab dan Cara Tradisional Merawat Rambut Bercabang Rusak Patah

Penyebab dan Cara Tradisional Merawat Rambut Bercabang Rusak Patah , Rambut yang rusak sering kali identik dengan rambut bercabang dan mudah patah. Biasanya masalah rambut yang satu ini banyak sekali dialami oleh para wanita.

Sudah sering kita mendengar keluhan dari mereka dengan masalah rambutnya yang bercabang dan mudah patah. Saat masalah ini terjadi biasanya para wanita hanya mengandalkan tempat salon perawatan rambut favorit nya untuk mengatasi masalah rambut yang patah dan bercabang.

Perlu kita ketahui sebenarnya perawatan dari salon memang sangat bagus namun hanya bersifat sementara. Dari pada harus mengeluarkan biaya yang banyak akibat sering pergi ke salon, lebih baik kita merawat rambut dirumah asalkan kita mempunyai ilmu dan sedikit pengetahuan bagaimana cara untuk mengatasi rambut yang patah dan bercabang, bukanlah suatu hal yang perlu di permasalahkan lagi.

Untuk mengatasi rambut rusak akibat bercabang dan mudah patah tersebut sebenarnya tidak dibutuhkan perawatan khusus apalagi sampai harus mengeluarkan banyak biaya untuk pergi ke  tempat salon favorit anda. Dengan bermodalkan sedikit ilmu pengetahuan dari internet kita sudah bisa melakukannya sendiri dirumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Tapi sebelum kita bahas ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab  terjadinya rambut patah dan bercabang dibawah ini.


Penyebab Rambut Bercabang Rusak dan Patah :

Terlalu sering terkena cahaya matahari langsung
Keseringan berada dibawah sinar matahari secara langsung dapat merusak kesehatan rambut yang mengakibatkan rambut menjadi kering dan mudah bercabang hingga patah.

Stress
Terlalu banyak fikiran dan masalah apalagi sampai stress hal bisa membuat hormon pada kepala meningkat secara berlebihan,hal ini bisa juga menjadi penyebab terjadinya rambut yang bercabang dan rambut mudah patah.

Kekurangan nutrisi pada rambut
Rambut sama hal nya dengan tubuh manusia yang memerlukan nutrisi untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut itu sendiri.

Gonta-ganti shampoo
Terlalu sering mengganti shampoo juga bisa membuat rambut rusak,direkomendasikan untuk menggunakan shampoo dengan merek satu saja yang dianggap cocok untuk rambutnya tersebut.

Keseringan catok atau meluruskan rambut
Meluruskan rambut dengan cepat dan instant biasanya menggunakan catok,baik itu smoting atau juga ribonding. Walaupun hasil rambut lurus namun ini hanya bersifat sementara dan akan memperburuk kesehatan rambut kedepannya dan alhasil rambut akan mudah patah dan bercabang.

Sering memakai penutup kepala
Keseringan menggunakan penutup kepala seperti jilbab dan topi bisa membuat rambut anda menjadi gerah atau panas hal ini menyebabkan rambut menjadi lapuk dan mudah patah.

Cara Alami Mengatasi Rambut Rusak, Bercabang dan Patah :

1. Campuran Buah Pepaya dan Yogurt
Buah pepaya sangat bagus apabila digunakan untuk rambut karena kaya akan protein sehingga dapat melembabkan rambut dan memperbaiki rambut yang bercabang hingga patah.

Bahan : Buah pepaya 300 gram dan Yogurt 2 sendok makan.

Cara Penggunaan :
Hancurkan 300 gram papaya tersebut sampai halus dan campur kan dengan 2 sendok makan yogurt lalu diaduk hingga merata. Dan oleskan pada seluruh bagian rambut bila perlu tutup kepala anda dengan shower cap untuk mengunci kelembaban nya dan tunggu saja hingga mengering kemudian bilas dengan air bersih.

2.  Campuran Minyak Alami
Dengan mencampurkan minyak alami berikut ini bisa membantu anda dalam mengobati rambut bercabang dan patah dalam waktu yang singkat.

Bahan : Minyak Zaitun, Minyak Almond dan Minyak Kelapa.

Cara Penggunaan :
Campurkan ketiga minyak diatas secukupnya saja untuk dioleskan dari pangkal hingga ujung rambut secara merata setiap malam sebelum tidur.

3. Campuran Mayones dan Madu
Mayones yang mengandung asam lemak ini sangat bagus digunakan untuk rambut yang kering akibat patah dan bercabang. Campuran mayones dan madu akan membantu meningkatkan kadar minyak serta kelembaban rambut anda.

Bahan : 1 sendok makan mayones dan 1 sendok makan madu.

Cara Penggunaan :
Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan pada bagian rambut hingga merata setelah keramas. Setelah itu biarkan selama sekitar 10 menit, bila perlu tutup kepala menggunakan shower cap untuk menjaga kelembaban nya. Kemudian anda basuh dengan menggunakan air bersih.

4. Campuran Minyak Gandum dan Cuka Apel
Kombinasi antara minyak gandum dan cuka apel  ini dapat merawat dan mengatasi berbagai masalah rambut rusak seperti kering,bercabang,patah dan lainnya. Anda bisa mencobanya sendiri dengan cara berikut ini.

Bahan : 1 sendok makan minyak gandum dan Setengah cangkir cuka apel.

Cara Penggunaan :
Campurkan 1 sendok makan minyak gandum kedalam setengah cangkir cuka apel lalu diaduk hingga merata dan oleskan pada seluruh bagian rambut setelah keramas ( keadaan rambut masih agak basah ) lalu diamkan terlebih dahulu selama sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Demikianlah cara alami bagaimana mengatasi rambut rusak, bercabang dan patah dengan perawatan dirumah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk pergi kesalon. Biasanya perawatan ini digunakan oleh orang-orang yang tidak sempat pergi kesalon atau sibuk bekerja dan hanya sedikit mempunyai waktu luang saat dirumah. Cara yang diatas sebenarnya juga sudah sangat efektif dan ampuh mengatasi rambut yang rusak, kering, bercabang dan patah. Namun disini saya akan memberikan sedikit tips agar rambut tidak kembali rusak, bercabang hingga patah. Silahkan simak dibawah ini.

Tips Untuk Rambut Rusak, Bercabang dan Patah :
- Konsumsi makanan seperti ikan,sayuran,buah dan kacang-kacangan.
- Jangan gonta-ganti shampoo,cukup menggunakan 1 shampoo saja
- Jangan biasakan menggunakan penutup kepala seperti topi
- Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut seperti hairdryer
- Bila ujung rambut sudah parah kering atau bercabang gunting saja sedikit
- Jangan sering berada dibawah terik sinar matahari langsung
- Konsumsi juga vitamin B kompleks untuk menutrisi rambut yang rusak
- Gunakan sisir bergigi jarang untuk merapikan rambut anda
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS