0
Home  ›  Android

1001 Cara Mengatasi Launcher Telah Berhenti di HP Android

1001 Cara Mengatasi Launcher Telah Berhenti di HP Android, Launcher pada perangkat Android menjadi bagian yang sangat penting untuk bisa memaksimalkan semua aktifitas multitasking yang berjalan. Adapun jika launcher mengalami masalah maka pastinya semua aktifitas multitasking pasti akan terganggu, bahkan ada sebagian perangkat yang tidak bisa digunakan sama sekali karena launcher yang sedang bermasalah

Mengatasi Launcher Telah Berhenti di HP Android

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips ke anda semua Tentang Bagaimana Cara Mengatasi “Sayangnya, Launcher Telah Berhenti” di Android. Untuk mengatasi masalah Launcher yang bermasalah tersebut, ada berbagai macam metode yang bisa anda lakukan, selengkapnya silahkan disimak ulasan dibawah ini.


1. Kurangi Penggunaan Aplikasi Yang Berlebihan
Untuk yang pertama, anda bisa mengurangi penggunaan aplikasi yang berlebihan. Banyaknya aplikasi yang sedang berjalan di background membuat memori RAM terasa penuh. Dan yang pasti hal ini dapat membuat Launcher android sering macet atau berhenti. Dan dampak buruknya pasti akan terjadi blank atau tidak terlihat gambar sama sekali.

2. Restart Smartphone
Ini  cara paling mudah dan paling simple untuk anda lakukan yakni restart atau reboot smartphone Android. Dengan restart biasanya permasalah seperti launcher bisa hilang dan smartphone android anda bisa normal kembali. Adapun jika nantinya tidak berhasil, maka cobalah dengan melakukan metode yang kedua atau metode berikutnya.

3. Ganti Dengan Launcher Lain
Selanjutnya untuk yang ketiga, anda bisa mencoba mengganti dengan aplikasi Launcher lain. Anda bisa mendapatkan banyak launcher ringan dan terbaik di Google Play Store. Dan salah satu aplikasi Launcher yang cukup ringan adalah Nova Launcher. Aplikasi tersebut tersedia gratis di Google Play Store dan sangat ringan saat di terapkan pada semua perangkat Android.

4. Hentikan dan Hapus Data Aplikasi
Untuk metode yang keempa ini, anda bisa menghentikan dan menghapus data aplikasi Launcher. Dengan cara ini, semua pengaturan, file cache, data aplikasi, basis data, history, dan bookmark akan hilang. Artinya, tampilan android anda akan kembali pada posisi awal atau baru.

5. Lakukan Wipe Cache Partition
Untuk yang kelima, anda bisa mencoba melakukan Wipe Cache Partition. Dengan cara ini, anda bisa membersihkan file cache secara menyeluruh pada perangkat Android yang anda miliki, baik pada sistem, aplikasi bawaan, atau aplikasi terinstall. Dan untuk melakukan Wipe Cache Partition, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.
  • Pertama, matikan smartphone Android anda. Selanjutnya tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan sampai pada LOGO, dan secara otomatis anda akan dibawa pada menu Recovery Mode.
  • Pilih Opsional “Bahasa Inggris” untuk memudahkan anda melakukan Wipe Data & Cache. Pilih “Wipe Cache” dan tunggu sampai proses Wipe (Pembersihkan) Selesai.
  • Lakukan Restart pada smartphone Android yang anda miliki tersebut.
  • Selesai.

6. Update Firmware


Untuk yang keenam, anda bisa memperbarui Sistem Android yang anda miliki. Dengan Update, biasanya anda akan mendapatkan fitur terbaru dan biasanya semua bugs atau kerusakan pada sistem akan diperbaiki, terutama pada Launcher Android. Adapun untuk update sistem, pastikan anda terhubung dengan jaringan WiFi dengan sisa baterai diatas 40%. Dan untuk update aplikasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.
  • Buka menu Pengaturan
  • Pembaruan Sitem
  • Selanjutnya, anda ikuti langkah – langkah update Sistem
7. Factory Reset



Untuk yang terhakir, anda bisa mencoba untuk melakukan factory reset atau hard reset, bisa langsung melalui pengaturan atau bisa juga melalui recovery Mode. Tapi sebelum melakukan factory Reset, pastikan anda sudah mem-backup semua file yang tersimpan atau yang penting. Dan untuk melakukan factory reset, silahkan anda simak step by stepnya dibawah ini.
  • Buka menu Pengaturan
  • Setelah itu pilih Setelan Tambahan 
  • Buat Cadangan dan Reset 
  • Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS