0
Home  ›  Android  ›  IOS

7 Cara Merawat Power Bank Supaya Awet dan Tahan Lama

7 Cara Merawat Power Bank Supaya Awet dan Tahan Lama, Menyadari betapa pentingnya baterai bagi sebuah smartphone, banyak vendor yang menyediakan power bank. Hingga sekarang power bank sudah bisa didapatkan dengan mudah dan cepat dengan berbagai pilihan merek dan kapasitas.

Nah, setelah anda sudah mahal-mahal membeli power bank dengan kapasitas yang besar, tentu anda tidak mau power bank anda cepat rusak kan? Makanya yuk ketahui cara merawat power bank yang baik dan benar!

Cara Merawat Power Bank

Ada harga ada rupa. Meski sekarang harga power bank sudah banyak yang murah, tapi tetap saja harga menentukan kualitas suatu barang. Nah, biar anda gak sering-sering keluar uang untuk membeli power bank baru, rawat power bank anda dengan benar.

1. Isi Ulang Saat Mulai Low


Yang pertama yaitu menghindari power bank terlalu sering diisi ulang anda sebaiknya isi ulang power bank saat indikatornya menunjukan tanda low. Jika indikatornya ada 4 LED, segera isi ulang power bank saat indikatornya menunjukkan sisa 1 LED. Jangan isi ulang saat power bank masih menunjukkan 2 LED menyala.

Hindari kebiasaan membiarkan power bank anda sampai kehabisan daya sama sekali! Selain akan membuat anda kesulitan saat sedang membutuhkannya, hal itu juga akan membuat proses isi ulang lebih lama dan membuat baterai power bank anda cepat aus.

2. Jangan Terlalu Sering Diisi Ulang


Sebagai penampung daya cadangan untuk mengisi ulang baterai di kala darurat, power bank harus diisi ulang agar bisa digunakan. Sama seperti baterai smartphone, power bank juga menggunakan jenis baterai yang bisa diisi ulang, yakni Li-Ion (Lithium-Ion) atau Li-Po (Lithium-Polimer) yang bisa dilihat di permukaan power bank. Kedua jenis baterai tersebut memiliki siklus daya tahan yang berbeda.

Power bank dengan baterai Li-Ion memiliki siklus hidup 500 kali isi ulang. Sementara power bank dengan baterai Li-Po memiliki siklus hidup 1000 kali isi ulang. Jika hampir mencapai siklus maksimalnya, power akan terasa cepat habis dan isi ulangnya menjadi lama. Makanya jangan sering-sering nge-charge power bank anda.

3. Hindari Penggunaan Smartphone yang Sedang Diisi dengan Power Bank


Pilih smartphone awet, atau power bank yang awet? Saya sih pilih dua-duanya awet. Agar keduanya awet, hindari menggunakan smartphone saat sedang di-charge dengan power bank.

Apabila anda sedang menggunakan smartphone saat sedang di charger atau diisi ulang dengan power bank, hal itu akan membuat arus listrik yang dikeluarkan jadi tidak stabil. Selain bahaya untuk smartphone, hal ini juga membuat baterai power bank jadi cepat bocor.


4. Jangan Biarkan Power Bank Over Charging


Ini nih hal yang paling sering dilakukan semua orang sama gadgetnya. Mau itu smartphone, power bank ataupun laptop, pasti sering dibiarkan sampai over charging. Padahal untuk perangkat yang tidak memiliki sertifikat over charging protection, hal ini akan membuat baterainya cepat rusak.

Selalu perhatikan LED indikator yang ditampilkan. Jika anda suka charge power bank saat ditinggal tidur, sebaiknya beli adapter listrik yang sudah dilengkapi timer untuk menghindari over charging.

5. Hindari Benturan
Meski power bank sudah didesain dengan bodi metal, tapi power bank tidak dirancang untuk tahan benturan. Pada komponen seperti permukaan output serta baterai power bank bisa kendor jika sering terbentur, sehingga menjadi tidak bisa digunakan lagi.

6. Hindari Tempat Panas


Saat sedang digunakan atau saat sedang diisi ulang, hindari tempat panas untuk menyimpannya. Kenapa? Karena permukaan pada power bank sendiri akan mengeluarkan panas saat sedang digunakan. Jika disimpan di tempat panas juga, akan membuat tidak adanya sirkulasi udara yang membuat power bank jadi menyimpan panas berlebih. Dampaknya permukaan power bank jadi cepat kusam.

7. Sempatkan Cuci Power Bank


Udah beli power bank mahal-mahal karena tampilannya yang cantik, gak asik kan kalo permukaannya jadi butek karena sering disimpan di tas? Makanya sesekali luangkan waktu untuk mencuci permukaan power bank anda


Cara mencuci power bank agar tidak merusak komponen di dalamnya adalah dengan menggunakan busa. Gunakan busa yang dihasilkan dari cairan pencuci piring (merk apapun), lalu usapkan dengan spon atau sikat gigi. Hindari busa merembes ke bagian output ya!

Itu dia poin-poin yang harus anda lakukan agar power bank anda awet. Jika power bank anda awet, pengeluaran uang anda pun jadi berkurang, sehingga bisa dialokasikan untuk keperluan lain.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS