Cara Menginstall Linux Ubuntu 16.04 LTS Dalam 5 Menit

Cara Menginstall Linux Ubuntu 16.04 LTS Dalam 5 Menit, Cara menginstall Linux Ubuntu 16.04 menjadi topik kita untuk kali ini. Karena Ubuntu adalah salah satu sistem operasi linux yang paling populer dikalangan pecinta open source.

Ada beberapa alasan mengapa orang banyak yang menyukai serta memilih untuk menggunakan Linux Ubuntu dibanding distro linux yang lainnya yaitu sangat mudah dan kenyamanannya ketika digunakan.

Linux Ubuntu sendiri terbagi menjadi dua versi, yaitu Ubuntu versi desktop dan server. Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas dengan yang versi desktop saja.


Versi yang stabil untuk digunakan saat ini adalah Ubuntu versi 16.04, angka 16.04 sendiri diambil dari tanggal diluncurkannya yaitu tahun 2016 bulan 04 april.

Spesifikasi minimum komputer untuk menjalankan Ubuntu 16.04 adalah sebagai berikut:
  • Ada koneksi internet akan lebih membantu prosesnya
  • 25GB ruang kosong hardisk
  • Processor 2GB atau lebih
  • DVD-drive atau USB Port
  • Memory 2GB

Download Linux Ubuntu
Untuk mendapatkan linux Ubuntu, Anda bisa meminta DVD nya langsung di situs Ubuntu, atau download disini

Cara Install Ubuntu 16.04

Install Ubuntu melalui DVD
Menginstall Linux Ubuntu melalui DVD cukup simple dan mudah, pertama burn dulu file ISO Ubuntu yang sudah Anda download sebelumnya

Masukan DVD ke DVD-drive komputer Anda.
Restart komputer, nanti akan muncul sebuah welcome screen yang menanyakan bahasa yang akan Anda gunakan nanti untuk proses menginstall. Selain itu terdapat juga menu untuk mencoba terlebih dahulu sebelum anda benar-benar menginstall. Kemudian lanjut ke bagian langkah menginstall linux ubuntu.

Install Ubuntu melalui USB flashdisk
Anda juga bisa menginstall Linux Ubuntu melalui USB Flashdisk, caranya cukup dengan membuat bootable USB flashdisk dari file ISO yang sudah anda download tadi.


Langkah Mengintall Linux Ubuntu 16.04
Setelah DVD atau USB Flashdisk siap untuk digunakan, maka ikuti proses cara untuk menginstall linux ubuntu 16.04 berikut ini.

1. Lakukan booting komputer dengan menggunakan DVD atau Flashdisk Anda terlebih dahulu.

Kemudian akan muncul halaman sebuah welcome screen yang akan menanyakan apakah Anda ingin mencoba terlebih dahulu tanpa install atau ingin langsung menginstall ke komputer ataupun laptop Anda.

Klik saja Install Ubuntu


2. Ceklis ( centang ) semua pilihan yang ada agar Ubuntu yang Anda install komplit fiturnya.


3. Pilih Erase disk and install Ubuntu, proses ini akan membuat Ubuntu melakukan instalasi ke komputer Anda sesuai kondisi komputer tersebut. Pilihan ini sangat bagus untuk yang ingin menginstall Ubuntu secara fresh, namun cara tersebut tidak untuk dual boot.


4. Pilih hardisk yang ingin Anda gunakan untuk menginstall. Ubuntu membutuhkan ruang hardisk sebesar 4.5 GB, jadi pastikan Anda memiliki ruang tambahan untuk menyimpan file lainnya.


5. Pilih lokasi Anda berada, ini juga akan menentukan dimana zona waktu komputer Anda nantinya.



6. Pilih keyboard layout, Anda bisa mendeksi, atau langsung memilik jenis keyboard English UK.


7. Masukan data user untuk login nantinya, masukan Nama Anda, nama komputer, username dan passsword.


8. Proses instalasi akan dimulai, selama proses tersebut Anda bisa membaca slide presentasi yang disediakan agar Anda lebih mengerti tentang Linux Ubuntu.


9. Proses Instalasi sudah selesai, maka anda selanjutnya diminta untuk reboot/restart komputer Anda dan mulai menggunakan Linux Ubuntu yang sudah selesai Anda install.



Seperti itulah cara menginstall Linux Ubuntu 16.04 berserta gambar proses instalasinya, apabila anda mengalam kesulitan silahkan berkomentar akan saya respon secepatnya dan jangan lupa share artikel ini ya. Terimakasih
Komentar