0
Home  ›  iPhone

Cara Tercepat Membedakan iPhone 5, iPhone 5s dan iPhone SE

Cara Tercepat Membedakan iPhone 5, iPhone 5s dan iPhone SE, Perangkat iPhone 5, iPhone 5s dan iPhone SE punya bentuk yang sangat mirip sekali jika dilihat secara sesaat atau sepintas. Mekipun secara fisik mirip, spesifikasi hardware yang ada di dalamnya sangatlah berbeda. Bagaimana caranya agar anda tidak salah pilih? Simak beberapa tips dari saya ini untuk membedakan iPhone 5, iPhone 5s dan iPhone SE secara cepat dan tepat.


MEMBEDAKAN IPHONE 5, IPHONE 5S DAN IPHONE SE

1. TEKNOLOGI TOUCH ID
Masuk ke bagian depan, iPhone 5 satu-satunya dalam daftar ini yang tidak mendukung Touch ID. Dan masih ada garis kotak di tengah Home Button serta tidak ada cincin berkilap di bagian tepian Home Button alias pada hardware Touch ID. Sangat berbeda dengan iPhone 5s dan iPhone SE, keduanya sudah menggunakan Touch ID serta tidak bisa dibedakan dengan melihat bagian tersebut.


Masih di iPhone 5, perbedaan kasat mata lainnya adalah teknologi Flash Camera yang digunakan. Apple masih belum menggunakan teknologi True Tone LED flash yang menggunakan bentuk lonjong. Jadi Flash Camera di bagian belakang iPhone 5 masih berbentuk bulat.


2. WARNA DAN MODEL NUMBER
Bodi pada bagian belakang adalah warna yang saya maksud. Untuk iPhone 5 ini hanya terdiri dari 2 warna yaitu Black dan White saja. Sedangkan iPhone 5s menggunakan warna Space Silver, Gray,  Gold. Yang paling banyak adalah iPhone SE yaitu, Silver, Gold, Rose Gold, Space Gray


Masih dari sisi pada bodi bagian belakang, detail tulisan berupa Model Number juga bisa digunakan sebagai ciri yang mudah terlihat. Dikutip dari laman Apple Support, berikut ini Model Number yang dibuat oleh Apple untuk setiap jenis iPhone 5, iPhone 5s dan iPhone SE:
  • iPhone SE: A1723, A1662, A1724
  • iPhone 5s: A1453, A1457, A1518, A1528, A1530, A1533
  • iPhone 5: A1428, A1429, A1442
Sebagai tambahan, tips ini hanya berlaku jika iPhone tersebut belum mengalami penggantian back cover atau bodi bagian belakang ya. Jika sudah, anda bisa membaca beberapa tips lainnya.

3. CEK FITUR BAWAAN
Ada beberapa fitur bawaan pada iPhone 5, iPhone 5s serta iPhone SE yang dapat menjadi cara paling cepat untuk membedakannya di luar fisik. Berikut ini fitur yang bisa langsung anda cek:

Slo-Mo: Fitur Slo-Mo atau video slow motion hanya tersedia di iPhone 5s dan iPhone SE. Yaitu 720p (120fps) untuk iPhone 5s serta 1080p (120 fps) atau 720p (240 fps).


Retina Flash. Fitur Retina Flash dapat anda gunakan untuk membuat foto dengan kamera depan agar hasilnya lebih terang. Yaitu iPhone akan memberikan cahaya terang di bagian layar, sesaat sebelum mengambil foto. Fitur ini hanya ada di iPhone SE dengan iOS 10 atau yang lebih baru.


Raise to Wake. Un tuk mengecek fitur ini, masuk ke bagian Settings – Display & Brightness – Raise to Wake ON. Fitur Raise To Wake ini berguna untuk dapat menyalakan membuat iPhone anda bangun alias melihat tampilan di layar tanpa perlu menekan tombol apapun. Dari ketiga daftarnya, hanya iPhone SE yang mendukung fitur ini.

4. HUBUNGKAN KE ITUNES
Cara yang mudah lainnya untuk membedakan iPhone 5, iPhone 5s serta iPhone SE ini adalah menghubungkan ke iTunes di komputer atau laptop. Ambil kabel data anda, hubungkan ke iPhone dan USB di komputer atau laptop lalu buka iTunes. Tampilan di atas adalah bagian iTunes yang akan anda lihat, ada tulisan iPhone 5 sebagai identifikasi perangkat yang paling cepat dan mudah.



5. CEK SERIAL NUMBER
Masuk ke bagian Settings setelah General lalu About kemudian Serial Number. Tulis atau salin SN dari perangkat yang ingin anda cek ini dan masuk ke halaman checkcoverage.apple.com. Masukkan SN tersebut dan cek hasil yang tampil, akan terlihat jelas jenis iPhone yang anda gunakan.


Sebagai tambahan catatan, halaman Check Coverage dari Apple hanya menjelaskan beberapa hal seperti jenis iPhone, garansi serta dukungan layanan Telephone Technical Support yang anda gunakan. Tidak ada info seperti contohnya storage serta warna bodi dari iPhone tersebut.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS