Inilah 5 Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Ganti

Inilah 5 Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Ganti, Semua perangkat digital dengan kategori mobile memiliki teknologi baterai sebagai kunci utamanya, untuk menghidupi semua bagian pada elektronik. Seiring bertambahnya umur perangkat tersebut, baterai yang dimiliki pasti mengalami penurunan kualitas dan juga daya simpan. Hal ini juga berlaku untuk perangkat iPhone, iPad serta komputer Mac. Khususnya untuk perangkat iPhone, pasti sangat terasa karena ponsel ini selalu menemani anda dalam kegiatan sehari-hari anda.

Nah, apa saja sih ciri-ciri baterai iPhone yang rusak dan sebaiknya segera anda ganti? Berikut ini catatan yang dapat anda simak baikbaik:



5 CIRI-CIRI BATERAI IPHONE MULAI RUSAK DAN HARUS GANTI

1. BATERAI GEMBUNG DAN MERUSAK LCD
Ada beberapa generasi perangakt iPhone yang sering mengalami kasus baterai rusak dan berakhir hamil atau mengembung atau berubah ukuran menjadi lebih besar dari sebelumnya. Selain membuat perangkat iOS menjadi tidak nyaman saat digunakan, ukuran baterai yang bisa menjadi 3x lebih besar ini dapat mendesak perangkat lain. Terutama pada LCD dan juga komponen-komponen yang lain. Jika dibiarkan saja dan semakin parah, bisa jadi LCD anda akan rusak dan memerlukan biaya perbaikan tambahan untuk memperbaiki.


Dari catatan yang saya dapatkan, perangkat iPhone 5 ini paling sering mengalami masalah baterai gembung atau hamil. Apple sendiri pernah menghadirkan iPhone 5 Battery Replacement Program untuk para pengguna di tahun 2013 yang lalu. Cara paling mudah untuk melihat apakah baterai anda mengalami masalah gembung adalah meletakkan iPhone di bidang yang datar dan mengamatinya dari samping.

2. BATERAI LEBIH CEPAT HABIS DENGAN WAKTU SINGKAT
Salah satu tanda bahwa baterai anda mulai rusak atau lebih boros dari sebelumnya adalah penggunaan yang singkat alias lebih cepat habis. Ambil contoh saja saat anda biasa menggunakan iPhone dari keluar rumah jam 7 pagi dan harus mengisi baterainya pada pukul 5 sore. Jika ternyata jam 12 siang itu sudah menunjukkan baterai habis, itu tandanya baterai sudah lebih boros. 


Tentunya percobaan ini dilakukan dengan pola penggunaan yang cenderung sama ya gaes.


3. VOLTASE BATERAI TIDAK STABIL
Sebuah tegangan listrik atau Voltase yang harusnya mengalir dari baterai iPhone tersebut adalah sekitar 4V. Jika jauh lebih rendah dari angka tersebut, berarti ada masalah di perangkat yang berhubungan dengan sumber daya baterai itu. Bisa jadi baterai itu sendiri atau bagian yang lain yang berhubungan dengan pengisian daya (Lightning Port, IC Power, dan lain sebagainya).


Cara paling mudah untuk mengecek Voltase baterai pada iPhone yang sering saya lakukan adalah menggunakan aplikasi tambahan. Salah satunya adalah Aplikasi Battery Life. Silahkan unduh dan instal aplikasi ini lalu masuk ke menu Raw Data, cek di bagian Voltage. Apakah akan menampilkan angka 3.8 V – 4 V sebagai tanda tegangan listrik yang normal?

4. IPHONE MENDADAK MATI, PERSENTASE BATERAI MASIH TINGGI
Tanda baterai iPhone sudah mulai rusak berikutnya yaitu mendadak mati saat anda gunakan, padahal indikator baterai masih cukup banyak atau terbilang full. Masalah ini bisa terjadi karena adanya kesalahan pada sistem di indikator baterai atau sel baterai yang sudah tidak stabil. Biasanya masalah seperti ini dimulai dari posisi persentase baterai yang sudah sedikit dan terus berkembang bahkan hingga kondisi masih 50% dan membuat iPhone langsung mati.


5. PERSENTASE BATERAI BERKURANG ATAU BERTAMBAHN SECARA TIDAK WAJAR
Jika anda menggunakan perangkat iOS 10, silahkan masuk ke Settings – Battery – Battery Percentage – ON. Fitur ini akan menampilkan sebuah tanda persentase penggunaan baterai di perangkat iOS dari Status Bar di sebelah kanan atas. Jika sering melihat penurunan persentase yang tidak wajar tersebut, itu bisa menjadi salah satu tanda kerusakan baterai. Contohnya adalah pada indikator baterai menunjukkan angka 50%, setelah itu anda menggunakan iPhone itu untuk bermain games atau kegiatan lainnya dan tiba-tiba langsung turun di angka 30%. Lantas saat memutuskan untuk charging, persentase baterai akan langsung melompat ke 50% lagi.
Komentar