0
Home  ›  Android

Inilah Rahasia Kenapa Smartphone China Bisa Murah

Inilah Rahasia Kenapa Smartphone China Bisa Murah 2017, Tahukah anda? Setelah Apple dan samsung, produsen China benar-benar mendominasi. Dari posisi 3 sampai 10 sepenuhnya dikuasai oleh vendor-vendor yang berasal dari Tiongkok. Berturut-turut mulai dari TZL, Xiaomi, Vivo, Huawei, OPPO, ZTE, Lenovo, dan Meizu. Apa rahasianya?

Ponsel buatan China ini yang dulu identik dengan produk tiruan yang sangat murah meriah, kini tidak begitu lagi. Brand lokal Negeri Tirai Bambu itu berhasil membuat smartphone yang mampu bersaing dengan raksasa-raksasa kelas dunia seperti Apple serta Samsung namun tetap dengan harga yang lebih murah, berikut  inilah alasan rahasia kenapa smartphone China bisa murah bahkan dibanderol dengan sangat murah meriah.


Inilah Rahasia Kenapa Smartphone China Bisa Murah 2017!

1. Bahan Baku yang Berlimpah
China jelas menjadi negara pembuat smartphone utama. Selain tenaga kerja yang murah, bahan baku juga sangat berlimpah di China. Dari 17 bahan bumi yang langka, 16 di antaranya diperlukan untuk memproduksi smartphone. Negara China bisa menghasilkan 95 persen dari bahan bumi yang terbilang langka. Sebagai perbandingan negara India hanya bisa menghasilkan 2,5 persen dan Amerika Serikat hanya 13 persen. Jelas bukan, China menjadi negara pembuat smartphone utama.

2. Upah Tenaga Kerja Murah
Salah satu alasan yang paling umum kenapa smartphone China bisa dibanderol dengan harga murah adalah karena ketersediaan tenaga kerja dengan biaya rendah. Upah tenaga kerja di China adalah yang terendah di dunia dan ini adalah alasan utama kenapa banyak vendor membangun produk di sana.

3. Fokus pada Penjualan Online
Perusahaan seperti  Apple dan samsung, mereka telah banyak menghabiskan uang untuk membangun toko, service center, ekosistem demi meningkatkan layanan purna jual. Itulah penyebabnya, kenapa smartphone brand Samsung dengan spesifikasi yang sama dengan smartphone China dibanderol lebih mahal. Sedangkan, pabrikan China lebih mengandalkan penjualan online, terutama vendor baru yang menjajal pasar Indonesia. Dengan begitu, tidak ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan dan vendor bisa menekan harga ponsel.

4. Spesifikasi Tinggi, Tapi...
Jangan kaget dulu melihat smartphone China dengan spesifikasi yang tinggi namun dibanderol dengan harga murah. Pasalnya, demi menyeimbangkan antara harga dan kinerja, ada beberapa komponen yang masih menggunakan teknologi lama. Misalnya, alih-alih menggunakan RAM dengan teknologi DDR4 terbaru, mereka masih mengadopsi RAM DDR3. Selain itu, layar yang digunakan kualitasnya mungkin lebih rendah jika dibandingkan panel AMOLED atau IPS yang digunakan oleh vendor terkemuka.

5. R & D (Research and Development)
Raksasa teknologi sebut saja seperti Apple, Google, Microsoft, dan Samsung menghabiskan uang dalam jumlah gila pada divisi penelitian dan pengembangan. Sementara, anda mungkin tidak akan menemukan sesuatu yang baru selain spesifikasi yang tinggi di smartphone China.

6. Kualitas yang Semakin Baik
Para konsumen tentunya lebih mempertimbangkan kualitas dan layanan yang baik ketimbang sekadar harga murah. Di tahun 2016 yang lalu, kita memang merasakan bahwa banyak produsen China yang mengembangkan smartphone premium dengan kualitas yang baik dan tidak lagi sekadar murah. Sebut saja brand Huawei menggelontorkan sumber daya ke departemen perancangan perangkatnya yang dikepalai oleh mantan desainer Samsung, Joonsuh Kim. Sementara OPPO berupaya menciptakan perangkat unggulan yang bisa menonjol dalam hal kualitas di antara produk pesaing.

7. Marketing Murah
Dengan menggelontorkan smartphone murah meriah berspesifikasi lumayan tinggi, ambil contoh Xiaomi. Mereka telah berhasil menjadi terkenal tanpa menghabiskan banyak biaya pemasaran. Para pabrikan China tahu bagaimana memanfaatkan jaringan pemasaran di Internet. Sementara, vendor terkemuka seperti LG, Samsung, serta Apple harus menghabiskan jutaan rupiah untuk biaya iklan di TV, sponsor, atau bintang iklan untuk mempromosikan produk mereka.

Berikut itulah artikel tentang alasan rahasia kenapa smartphone China murah. Smartphone buatan China ini sudah berencana mendorong ekspansi ke seluruh dunia ini pada 2018 mendatang. Mereka juga sudah bermain inovasi, tentu sangat menarik melihat perkembangannya. Bagaimana menurut anda?
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS