0
Home  ›  IOS

Terbaru! Cara Membuat Folder Rahasia di iOS 10 Tanpa Jailbreak

Terbaru! Cara Membuat Folder Rahasia di iOS 10 Tanpa Jailbreak, Sering merapikan icon aplikasi di Homescreen iOS 10 dengan folder? Apple memang tidak mendukung fitur penguncian folder di iOS, namun kali ini saya punya tutorial menarik untuk membuat folder rahasia di iOS 10. Definisi rahasia yang saya maksud yaitu membuat folder dengan warna yang sama persis dengan wallpaper serta juga ikon aplikasi di dalamnya pada halaman pertama. Bagaimana caranya? Silahkan simak panduan berikut ini:

1. Buat sebuah folder baru di Homescreen, masukkan beberapa aplikasi yang ingin anda sembunyikan. Usahakan untuk menempatkan folder ini di bagian paling kiri atas dari sebuah halaman Homescreen agar mudah dan cepat ditemukan.

2. Silahkan unduh wallpaper warna abu-abu yang sesuai dengan warna folder di iOS. Masuk ke halaman berikut ini lalu simpan wallpaper tersebut ke app Photos.

3. Kemudian buka app Photos, pilih gambar tersebut dan gunakan sebagai Wallpaper untuk Homescreen. Jangan lupa untuk mengaktifkan mode Perspective.


4. Masuk ke Settings lalu General kemudian Accessibility pilih Increase Contrast. Pada bagian Reduce Transparency pastikan sudah dalam kondisi ON

5. Kembali ke Homescreen, masuk ke mode edit tampilan dengan cara tekan serta tahan salah satu ikon aplikasi atau folder hingga tampilannya bergetar atau goyang ke kiri dan kanan. Setelah itu masuk ke halaman Homescreen yang kosong, tanpa ikon aplkasi atau folder apapun di bagian utama (Dock masih boleh berisi aplikasi). Silahkan buat screenshot dalam mode edit tampilan tersebut masih tetap aktif.

6. Masuk ke halaman iempty.tooliphone.net.

7. Pilih Create BLANK kemudian Customize lalu Add lalu unggah gambar terakhir yang anda buat. Langkah ini berguna untuk membuat sebuah aplikasi dummy dengan warna yang sesuai agar terlihat transparan.


8. Scroll ke bawah dan tekan salah satu ikon grid yang ada di tampilan seperti gambar di bawah ini.


9. Setelah itu tekan tombol Share Extension di Safari dan pilih Add to Home Screen. Salin teks nama yang ada di kolom bagian atas untuk langkah selanjutnya.


10. Langkah terakhir yaitu memasukkan aplikasi dummy tersebut ke halaman pertama dari folder yang sudah kita buat di langkah awal tadi. Pindahkan semua aplikasi lain yang ada di halaman pertama folder tersebut ke halaman kedua. Selesai, sekarang tampilan serta isi dari halaman folder tersebut akan terlihat transparan.

Tips tambahan, anda dapat mematikan fitur pengaturan Reduce Transparency sebelum mencoba langkah terakhir untuk lebih mudah melihat folder serta aplikasi dummy tersebut. Jika sudah tertata dengan rapi, silahkan kembali aktifkan Reduce Transparency untuk membuat folder rahasia alias tidak terlihat.

Sebagai catatan, aplikasi yang ada di folder rahasia ini tetap dapat ditemukan jika anda menggunakan pencarian lewat Spotlight atau Siri ya. Tutorial ini juga bisa saja tidak berlaku lagi di versi iOS berikutnya jika Apple menutup celah tersebut.

Untuk membuat tutorial ini saya menggunakan iPhone 7 Plus dengan iOS 10.3.2. Bagi anda yang sudah mencoba dan berhasil, silahkan bagikan jenis iPhone dan versi iOS yang anda gunakan di kolom komentar ya!
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS