0
Home  ›  iPhone

5 Cara Supaya Terhindar Dari Kejahatan Phishing Apple ID

5 Cara Supaya Terhindar Dari Kejahatan Phishing Apple ID, Ya, banyak pengguna produk Apple di  negara Indonesia mendapatkan email Phishing dan tidak sedikit yang tertipu dan secara tidak sadar telah menyerahkan data pribadinya. Kali ini saya akan membahas beragam hal mengenai Phishing Apple ID dan tips agar anda terhindar dari tindakan tersebut.

APA ITU PHISHING?


Secara sederhana, Phishing merupakan tindakan untuk mencuri beragam informasi pribadi seperti Password, Username, email atau data lainnya dengan sebuah tampilan jebakan. Disebut jebakan karena anda akan digiring untuk membuka website tipuan yaitu memiliki tampilan yang mirip dengan website yang biasa diakses untuk memasukkan data tersebut (misalkan laman appleid.apple.com atau mungkin akun gmail.com).


Setelah anda memasukkan data yang diperlukan oleh pelaku Phishing, beragam jenis kejahatan dengan identitas tersebut bisa dilakukan dengan lebih mudah. Misalkan jika yang dicuri merupakan Apple ID serta password, pencuri ini bisa belanja menggunakan Appel ID anda dengan data kartu kredit di dalamnya. Bahkan lebih jauh lagi, bukan tidak mungkin jika penjahat ini sebelumnya sudah mencuri iPhone atau iPad anda dan butuh passwordnya untuk melepas kuncian Lost Mode di perangkat tersebut dengan mengirim email Phishing.

TIPS AGAR TERHINDAR DARI KEJAHATAN PHISHING APPLE ID

1. AMATI BAGIAN PENGIRIM PESAN


Jika anda menggunakan app Mail di perangkat iOS, ada bagian From yang bisa anda tekan untuk melihat info lengkap dari pengirim email tersebut. Jika tidak menggunakan alamat email yang biasa digunakan oleh Apple, pastinya anda patut curiga. Bisa saja pelaku Phising tersebut membuat domain yang mirip dengan Apple.com dan seolah itu email asli dari Apple, anda juga sekali lagi harus teliti untuk bagian ini.

Sebagai catatan tambahan, beberapa orang sempat mendapatkan pesan Phishing dengan email yang bersumber dari noreply@apple.com. Dari beberapa catatan yang sudah saya temukan, alamat email tersebut bukan dari Apple atau bisa saja berupa cara baru untuk memalsukan tampilan email pengirim. Apple selalu menggunakan alamat email noreply@email.apple.com untuk update informasi seputar akun Apple ID, berita resmi dari Apple atau beberapa hal lainnya.

2. TELITI, TELITI DAN SELALU TELITI


Kejahatan Phishing paling sering terjadi di email alias pesan masuk pada akun surat elektronik yang anda gunakan. Biasanya pelaku kejahatan ini akan mengirimkan pesan dengan nada perintah dan ancaman yang membuat anda harus secepat mungkin menekan tombol yang ada di dalamnya. Setelah menekan tombol, tampilan web yang mirip akan hadir dan proses pencurian data akan terjadi setelah kamu memasukkan informasi ke bagian tersebut.


Untuk menghindari hal tersebut, pastikan anda selalu teliti dalam setiap membaca pesan yang masuk. Misalkan untuk pesan email dari Apple, tidak pernah ada nada ancaman atau kewajiban untuk memasukkan data baru dalam waktu yang sangat singkat (24 jam atau mungkin beberapa jam ke depan). Apple juga tidak pernah memberikan pesan email dengan font yang berukuran aneh, format bahasa yang berantakan atau beragam hal lainnya.

Secara lebih lengkap lagi, Apple selalu memberikan pesan yang lebih detail dengan menyebutkan nama pemilik akun di bagian pembuka, informasi yang ingin dijelaskan secara lengkap dan singkat serta informatif. Jika beberapa hal tadi tidak anda temukan, bisa saja pesan yang anda dapatkan adalah tindakan Phishing.

3. JANGAN SEMBARANGAN MENYEBAR EMAIL UNTUK APPLE ID


Saya pribadi punya opini untuk memisahkan email yang berhubungan dengan Apple ID dengan email untuk kegiatan pekerjaan atau mungkin sekedar mendaftar di beragam sosial media. Karena jika email tersebut biasa anda bawa atau pajang di kartu nama, buku tamu dari undangan sebuah acara atau mungkin kegiatan lainnya, maka semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan pesan Phising dari pihak tidak bertanggung jawab.

Untuk anda yang biasa berseluncur di dunia maya atau beragam forum di internet, silakan berhenti untuk akses website aplikasi bajakan atau hal lainnya yang mewajibkan anda login dengan email misalnya. Anda tidak akan pernah tahu apakah email anda akan disebarkan oleh pihak siapa saja ke bagian mana saja atau nyasar ke pelaku kejahatan Phishing.


4. JANGAN TEKAN TOMBOL APAPUN SEBELUM KAMU YAKIN


Pastikan anda tidak menekan tombol atau tautan di teks bagian manapun pada email yang dicurigai, sebelum yakin bahwa pesan ini berasal dari Apple. Ya, karena jika sudah menekan tautan tersebut, bisa saja anda tertipu dengan tampilan website yang diberikan dan “tergoda” untuk memasukkan detail Apple ID serta password.

Langkah terbaik untuk mencegah anda menekan tautan yang ada di email tersebut adalah menjauhkan sentuhan dari trackpad komputer atau jari di layar perangkat iOS saat membaca pesan tadi. Setelah dirasa yakin bahwa pesan email ini berupa Phishing, silakan hapus atau screenshot tampilannya lengkap dengan akun email pengirim. Anda bisa melaporkan email tersebut kepada Apple di alamat email reportphishing@apple.com untuk mencegah tindakan ini terjadi lagi di pengguna lain. Apple juga mempunyai beberapa email yang lain untuk melaporkan tindakan kejahatan berupa Phishing atau lainnya.

5. TINGKATKAN KEAMANAN APPLE ID


Tips terakhir agar terhindar dari kejahatan Phishing Apple ID adalah meningkatkan keamanan dari akun Apple ID yang anda gunakan. Silakan aktifkan fitur Two-Factor Authentication untuk memberikan keamanan tambahan, mencegah proses login Apple ID hanya dengan Username dan Password saja.

Keamanan lainnya adalah punya jadwal teratur untuk mengganti password dari akun Apple ID anda. Bisa setiap bulan atau kurun waktu lainnya dan pastikan bahwa password email dan password Apple ID adalah 2 kunci keamanan yang berbeda.

AKHIR KATA


Saya udah banyak sekali mendengar pengalaman menakutkan dari korban Phishing Apple ID yang terjadi di Indonesia. Mulai dari pengguna yang mendapatkan tagihan kartu kredit dalam nominal tidak terduga, Apple ID dicuri atau bahkan hingga perangkat iOS dan komputer Mac yang dikunci lewat iCloud Activation Lock. Agar teman anda atau keluarga dekat lainnya tidak menjadi korban yang sama, silakan sebarkan artikel ini dan bantu edukasi mereka untuk lebih hati-hati dengan kejahatan Phishing Apple ID.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS