0
Home  ›  Android  ›  IOS  ›  PC

Cara Mudah Membersihkan Layar TV LED dengan Benar: 1 Menit

Cara Mudah Membersihkan Layar TV LED dengan Benar: 1 Menit, Kali ini saya akan membagikan informasi untuk cara membersihkan layar TV LED dari debu serta kotoran. Pada dasarnya, membersihkan layar HP atau TV LED memiliki konsep yang sama dan cara yang tidak jauh berbeda.


Untuk membersihkan layar TV LED juga harus berhati-hati supaya kondisi layar TV tidak tergores. Kamu juga harus memperhatikan cairan yang akan digunakan untuk membersihkan layar TV LED. Tidak hanya cairan, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan sebelum membersihkan layar TV LED.


1. Gunakan Kain Kering yang Lembut
Kamu juga bisa menyiapkan kain. Kain ini berguna untuk mengusap permukaan layar TV LED yang sedang berdebu. Jadi, pastikan untuk menggunakan kain yang bersih.

Selain kain bersih, kamu juga harus memperhatikan bahan kain yang akan digunakan untuk membersihkan TV LED. Saya menyarankan untuk menggunakan kain dengan bahan yang lembut agar permukaan layar TV LED kamu tidak tergores.

Kamu bisa memulainya dengan mengusapkan kain tersebut secara perlahan dan menyeluruh. Saya tidak menganjurkan untuk menekan terlalu keras pada saat sedang mengusap kain ke layar TV LED. Tambahan lainnya yakni kamu bisa gunakan kain Microfiber untuk membersihkan layar TV LED kamu.

2. Matikan TV LED
Pastikan kamu juga mematikan TV kamu sebelum membersihkan layarnya. Mengapa harus mematikannya terlebih dahulu? Hal ini akan mempermudah kamu dalam melihat kotoran debu dan juga kotoran yang menempel pada layar TV LED kamu.

Selain itu juga, kamu tidak akan merusak piksel layar TV LED kamu pada saat sedang membersihkannya. Sebab, jika kamu dengan seenaknya membiarkan TV LED menyala pada saat sedang dibersihkan, kemungkinan akan membuat piksel yang ada pada TV LED akan rusak

Dengan kamu menggunakan cara ini juga berguna untuk mendinginkan (cooling down) TV LED yang selalu menyala. Terlebih lagi juga kamu akan menghemat penggunaan listrik. Jangan biarkan penggunaan listrik berlebihan ya.


3. Gunakan Cuka dan Air
Namun, kamu harus memastikan bahwa air yang dicampurkan pada cuka putih merupakan air bersih yang bening. Cara memanfaatkan cuka dan air ini sangat mudah. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

• Siapkan mangkuk atau tempat untuk mencampurkan cuka dan air.

• Campurkan air dan cuka di dalam satu tempat. Tidak dianjurkan untuk menyemprotkan campuran air cuka / air cuka secara langsung ke TV LED. Sebab, hal tersebut akan membuat layar TV LED kamu rusak secara permanen.

• Setelah itu, celupkan bagian ujung kain microfiber / kain berbahan lembut ke campuran cuka dan air,

• Kemudian, kamu bisa langsung mengusapkannya ke layar TV LED kamu secara perlahan.

4. Periksa Layar TV LED
Yakni kamu harus memeriksa layar TV LED. Hal ini sangat berguna dalam memastikan bahwa tidak ada debu atau sebuah kotoran yang tertinggal setelah dilakukan pembersihan layar TV LED.


Jika masih ada debu atau pun kotoran yang tertinggal. Kamu juga boleh menekan sedikit keras pada layar hanya perlu hati-hati dan jangan terlalu keras ya. Usapkan kembali layar TV LED kamu sampai dirasa sudah benar-benar bersih.

5. Hindari Penggunaan Bahan non-ultrasoft
Bahan non-ultrasoft merupakan bahan-bahan yang tergolong kasar atau bahan yang memiliki tekstur kasar. Kamu dianjurkan untuk menghindari penggunaan bahan-bahan kasar untuk menyeka atau mengusap layar TV LED. Jika kamu menggunakan bahan-bahan non-ultrasoft untuk mengusap layar TV LED, maka kemungkinan akan menggores layar TV LED kamu.

Bahan-bahan non-ultrasoft biasanya digunakan atau ditemukan pada tisu toilet, kertas tisu, dan juga handuk. Juga, jangan gunakan pakaian kamu untuk mengusap layar TV LED. Maka dari itu saya menyarankan kamu untuk menggunakan kain microfiber atau kain dengan bahan yang sangat lembut.

6. Hindari Pemakaian Bahan Kimia Berlebih
Selain beberapa tips sebelumnya, saya juga tidak menyarankan untuk menggunakan bahan-bahan kimia yang justru akan merusak layar TV LED kamu. Beberapa bahan dan zat kimia yang tidak boleh dipergunakan untuk membersihkan layar TV LED ini adalah etil alkohol, aseton, ammonia, atau etil klorida.
Hindari penggunaan cairan yang mengandung bahan-bahan kimia tersebut ya. Karena apabila menggunakan semua bahan kimia yang disebutkan diatas yaitu bahan kimia yang justru akan membuat layar TV LED rusak dan mungkin saja akan rusak secara permanen.


Biasanya bahan-bahan kimia tersebut akan ditemukan pada cairan penghilang kutek, Windex, dan juga pelarut cat. Jika kamu mempunyai cairan atau pembersih yang mengandung bahan kimia tersebut, sebaiknya kamu tidak digunakan dalam membersihkan layar TV LED kamu ya.

7. Tempatkan TV LED di Tempat yang Bersih
Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan layar TV LED, maka cara yang satu ini bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu. Dalam menempatkan sebuah TV LED yang jauh dari jangkauan debu serta kotoran bisa mengurangi rutinitas membersihkan layar TV LED kamu.

Kamu bisa menjauhkan TV LED dari jendela atau tempat yang dipenuhi dengan bulu-bulu. Sebab, jendela dan bulu-bulu kemungkinan akan menerbangkan debu dan kotoran. Hal tersebut bisa saja akan membuat layar TV LED kamu menjadi kotor dan berdebu.

Tidak hanya itu saja, TV LED juga dianjurkan untuk dijauhkan dari kipas angin. Kipas angin bisa saja membawa debu dan meniupkan kotoran kea rah TV LED Kamu. Juga, tak jarang kipas angin akan menumpuk kotoran dan debu, jika kipas angin dinyalakan dekat TV LED, maka secara otomatis angin dari kipas akan membawa kotoran dan juga debu.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS