Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi HP Xiaomi Lemot: 5 Menit

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi HP Xiaomi Lemot: 5 Menit, Didunia siapa yang mau HP-nya lemot? Tentu saja kita membutuhkan perangkat yang memiliki peforma yang bisa dihandalkan dalam segala hal. Oleh karena itu sangat penting bagi pengguna Smartphone Tirai Bambu ini mengetahui cara agar HP Xiaomi tidak lemot dan sebagainya. Karena ada sebuah pepatah yang bilang Lebih baik mencegah daripada mengobati Sehingga jika kita mengetahui penyebabnya kita bisa terhindar dari hal-hal yang menyebabkan HP Xiaomi lemot.


Nah, berikut inilah merupakan beberapa penyebab yang mengakibatkan HP Xiaomi menjadi lemot:

1) Versi OS yang ketinggalan jaman, jika kamu pengguna yang baru membeli atau memakai Android maka kamu harus mengetahu versi sistem operasi yang digunakan pada device itu. Mungkin kamu telah mendengar tentang Android 5, Android 6, dan seterusnya. Cara memeriksanya adalah buka menu Setting > About Phone > Android version.

2) Perhatikan spesifikasi Xiaomi, seperti kapasitas internal memori dan Random Acces Memory (RAM), apakah memiliki kapasitas yang cukup besar untuk mendukung aplikasi canggih yang kamu pasang. Caranya mudah sekali yaitu dengan membuka Task Manager maka disana akan ditampilkan keterangan RAM dan Internal memori HP Xiaomi yang kamu pakai.

3) Terlalu banyak aplikasi inilah yang bisa membuat Android kamu blank, crashing, force close dan bahkan menyebabkan HP Xiaomi kamu menjadi lemot. Biasakan untuk selalu download aplikasi dari Google Play Store karena server mereka akan melakukan scanning otomotas terhadap jenis versi aplikasi yang cocok untuk perangkat Xiaomi kamu.


4) Class Memori External (Micro SD), lupakan dengan jumlah kapasitas eksternal memori yang kamu pakai karena admin yakin jumlah kapasitas yang kamu gunakan bisa 16Gb, 32Gb atau 64Gb. Namun point yang harus diperhatikan itu bukan terletak dikapasitas memorinya melainkan dari Class.

Memori External (Micro SD) terbaik adalah Micro SD yang memiliki Class 10 dan akan sangat cocok bagi kamu yang menggunakan OS Android untuk tujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan menggunakan Micro SD yang memiliki class 10 kamu tidak perlu khawatir jika mengembalikan file yang terhapus karena biasanya class ini lebih kuat.

Cara mengetahui class suatu memori dengan matikan perangkat kamu lalu buka HP Xiaomi kamu kemudian buka dan lihat Micro SD tersebut biasanya akan ada angka 4, 6 dan 10 yang terlihat memakai huruf kecil.

Setelah kamu sudah paham dan mengetahui manfaat di atas, maka akan sangat bijaksana jika kamu langsung menerapkannya dengan mengikuti semua langkah-langkah di bawah secara tepat.

1) Hapus Widget Home Screen


Jangan menggunakan menampilkan widget di layar utama HP Xiaomi kamu meskipun menggunakan banyak widget akan terlihat keren namun sesungguhnya memberatkan perangkat, pastikan kamu hanya menggunakan widget untuk aplikasi yang benar-benar memliki fungsi yang kamu butuhkan saja.

2) Atur Sinkronisasi HP Xiaomi


Dengan kamu mengatur sinkronisasi xiaomi kamu tidak terlalu banyak menggunakan koneksi paket data internet yang diminta untuk ditampilkan dan di download secar otomatis. Karena jika dibiarkan secara default selain membebani RAM juga menguras kuota data internet.


3) Hindari Memakai Live Wallpaer


Akan terlihat lebih segar dan keren ketika kamu sedang menggunakan live wallpaper tapi hal seperti ini justru akan membuat baterai HP Xiaomi kamu cepat habis dan menyebabkan lemot.

4) Gunakan Aplikasi yang dibutuhkan


Semakin banyak aplikasi yang di install, maka akan semakin banyak pula permintaan RAM yang harus diambil. Kamu harus meminimalisir penggunaan aplikasi yang berlebihan dan menghapusnya jika tidak dibutuhkan.

5) Aktifkan Auto Kill


Aktifkan Auto Kill pada Clean Master. Apasih tujuan auto kill ini? tujuannya yaitu untuk mematikan secara paksa aplikasi lain yang dianggap mengambil RAM yang berlebihan. Tenang saja, fitur ini aman dan akan bekerja pada background secara otomatis.

6) Gunakan Clean Master


Gunakan Clean Master lalu bersihkan secara teratur junk files, cookies dan cache. Setiap kali kamu mengakses internet semua data website akan disimpan di cache browser yang kamu gunakan. Selain itu aplikasi Clean Master ini dapat dapat menghapus sebuah file yang kosong karena sudah dibuat otomatis oleh berbagai aplikasi sehingga menyebabkan internal memori kamu akan menjadi penuh dengan file dan data yang tidak berguna.

7) Freeze aplikasi bloatware


Hal ini hanya bisa dilakukan pada HP Xiaomi yang sudah di root. Salah satu aplikasi yang memiliki fitur freeze adalah link2SD yang bisa kamu download di google, namun masih banyak aplikasi lain sejenisnya yang beredar di Play Store.


8) Gunakan aplikasi berbayar


Ketika kamu menggunakan aplikasi versi gratis sebenarnya kamu sedang dijadikan sebagai kelinci percobaan. Nah, maka dari situlah alasan banyak yang review baik ataupun jelek yang dibuat di pasar aplikasi google yang tentu saja dengan membagikan aplikasi ini secara gratis akan membantu para pengembang untuk mengetahui bugs atau pengaturan yang sudah sesuai. Jika kamu butuh keamanan yang lebih, kamu bisa membeli aplikasi premium.

Nah itulah tadi Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi HP Xiaomi Lemot: 5 Menit, yang bisa kamu lakukan supaya hp xiaomi kamu tidak lemot lagi. Apabila ada pertayaan yang ingin kamu sampaikan silahkan tulis dikolom komentar ya. Sekian dan Terimakasih.

2 Responses to "Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi HP Xiaomi Lemot: 5 Menit"