Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi HP VIVO Lemot: 5 Menit

"Nah, berikut inilah merupakan beberapa penyebab yang mengakibatkan HP VIVO menjadi lemot: 1) Class Memori External atau biasa disebut dengan Micro SD, lupakan dengan jumlah kapasitas eksternal memori yang kamu pakai karena saya yakin jumlah kapasitas yang kamu gunakan bisa 16Gb, 32Gb atau 64Gb. Namun point yang harus diperhatikan itu bukan terletak dikapasitas memorinya melainkan dari Class."

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi HP VIVO Lemot: 5 Menit, Didunia siapa yang mau HP-nya lemot? Tentu kamu sangat menginginkan perangkat yang mempunyai peforma yang bisa dihandalkan dalam segala hal. Oleh karena itu sangat penting bagi pengguna Smartphone VIVO untuk mengetahui cara agar HP VIVO tidak lemot dan sebagainya. Karena ada sebuah pepatah yang mengatakan Lebih baik mencegah daripada mengobati, bener kan? Nah, jika kita mengetahui penyebabnya kita bisa terhindar dari hal-hal yang menyebabkan HP VIVO lemot.

Nah, berikut inilah merupakan beberapa penyebab yang mengakibatkan HP VIVO menjadi lemot:

1) Class Memori External atau biasa disebut dengan Micro SD, lupakan dengan jumlah kapasitas eksternal memori yang kamu pakai karena saya yakin jumlah kapasitas yang kamu gunakan bisa 16Gb, 32Gb atau 64Gb. Namun point yang harus diperhatikan itu bukan terletak dikapasitas memorinya melainkan dari Class.

Memori External (Micro SD) terbaik adalah Micro SD yang memiliki Class 10 dan akan sangat cocok bagi kamu yang menggunakan OS Android untuk tujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika kamu sudah memakai Micro SD yang memiliki class 10 kamu tidak perlu khawatir lagi apabila mengembalikan file yang terhapus karena biasanya class ini lebih kuat.

Nah ini ada sedikit penjelasan mengengai cara mengetahui class suatu memori yakni dengan matikan perangkat kamu lalu buka HP VIVO kamu kemudian buka serta lihat Micro SD tersebut biasanya terdapat sebuah angka 4, 6 serta 10 yang terlihat menggunakan huruf kecil.

2) Terlalu banyak aplikasi inilah yang bisa membuat Android kamu blank, crashing, force close dan bahkan menyebabkan HP VIVO kamu menjadi lemot. Saya sarankan untuk selalu mengunduh aplikasi dari situs remsinya yakni Google Play Store karena server mereka akan melakukan scanning otomotas terhadap jenis versi aplikasi yang cocok untuk perangkat VIVO kamu.

3) Selalu perhatikan spesifikasi dari smartphone VIVO kamu, seperti kapasitas internal memori serta Random Acces Memory (RAM), apakah memiliki kapasitas yang cukup besar untuk mendukung aplikasi canggih yang kamu pasang. Caranya sangat mudah yakni dengan membuka Task Manager yang sudah ada di smartphone VIVO maka disana akan ditampilkan keterangan RAM dan Internal memori HP Xiaomi yang kamu pakai.

4) Bisa jadi Versi OS yang ketinggalan jaman, jika kamu pengguna yang baru membeli atau memakai Android maka kamu harus mengetahu versi sistem operasi yang digunakan pada device itu. Mungkin kamu telah mendengar tentang Android 5, Android 6, dan seterusnya. Cara memeriksanya adalah buka menu Setting > About Phone > Android version.

Setelah kamu sudah paham dan mengetahui manfaat di atas, maka akan sangat bijaksana jika kamu langsung menerapkannya dengan mengikuti semua langkah-langkah di bawah secara tepat.

1) Atur Sinkronisasi HP VIVO



Dengan mengatur sinkronisasi di smartphone VIVO, kamu tidak terlalu banyak menggunakan koneksi paket data internet yang diminta untuk ditampilkan serta di download secar otomatis. Karena jika dibiarkan terus menerus secara default selain membebani RAM juga akan menguras kuota data internet kamu.

2) Hapus Widget Home Screen



Jangan menggunakan menampilkan widget di layar utama HP VIVO kamu meskipun menggunakan banyak widget akan terlihat keren namun sesungguhnya memberatkan perangkat, pastikan kamu hanya menggunakan widget untuk aplikasi yang benar-benar memliki fungsi yang kamu butuhkan saja.

3) Gunakan Aplikasi yang dibutuhkan



Semakin banyak aplikasi yang di install, maka akan semakin banyak pula permintaan RAM yang harus diambil. Kamu harus meminimalisir penggunaan aplikasi yang berlebihan dan menghapusnya jika tidak dibutuhkan.

4) Hindari Memakai Live Wallpaper



Akan terlihat lebih keren serta menarik jika kamu menggunakan live wallpaper tapi hal seperti ini justru akan membuat baterai HP VIVO kamu cepat habis dan menyebabkan lemot.

5) Gunakan Clean Master



Menggunakan aplikasi yang satu ini yakni dapat membersihkan secara teratur cookies, junk files serta cache. Setiap kali kamu mengakses internet semua data website akan disimpan di cache browser yang kamu gunakan. Selain itu aplikasi Clean Master ini dapat dapat menghapus sebuah file yang kosong karena sudah dibuat otomatis oleh berbagai aplikasi sehingga menyebabkan internal memori kamu akan menjadi penuh dengan file dan data yang tidak berguna.

6) Aktifkan Auto Kill



Aktifkan Auto Kill pada Clean Master. Apasih tujuan auto kill ini? tujuannya yaitu untuk mematikan secara paksa aplikasi lain yang dianggap mengambil RAM yang berlebihan. Tenang saja, fitur ini aman dan akan bekerja pada background secara otomatis.

7) Freeze aplikasi bloatware



Hal ini hanya bisa dilakukan pada HP VIVO yang sudah di root. Salah satu aplikasi yang memiliki fitur freeze adalah link2SD yang bisa kamu download di google, namun masih banyak aplikasi lain sejenisnya yang beredar di Play Store.

8) Gunakan aplikasi berbayar



Ketika kamu menggunakan aplikasi versi gratis sebenarnya kamu sedang dijadikan sebagai kelinci percobaan. Nah, maka dari situlah alasan banyak yang review baik ataupun jelek yang dibuat di pasar aplikasi google yang tentu saja dengan membagikan aplikasi ini secara gratis akan membantu para pengembang untuk mengetahui bugs atau pengaturan yang sudah sesuai. Jika kamu butuh keamanan yang lebih, kamu bisa membeli aplikasi premium.

Nah itulah ulasan selengkapnya mengenai Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi HP VIVO Lemot: 5 Menit, tinggalkan komentar kamu dibawah. Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Komentar