Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP Dalam Waktu Semenit

"Tak jarang, embun yang ada di kamera HP sulit hilang dengan sendirinya. Apakah kamu punya permasalahan seperti tadi? yuk disimak tutorialnya"

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP Dalam Waktu Semenit, Lensa kamera hp berembun merupakan masalah yang bisa terjadi pada handphone siapa saja. Tidak terkeculia untuk kamu yang sedang membaca artikel ini loh. Pastinya masalah tersebut bisa mengganggu kamu bukan? bilamana ketika kamu ingin mengambil foto atau moment bisa menjadi terhambat karena adanya embun di kamera hp kamu.

Tidak perlu khawatir, karena udara lembab yang mengembun di dalam lensa handphone tersebut bisa dikeluarkan tanpa harus di bongkar. Kita bisa mengatasinya sendiri di rumah dengan alat seadanya.

Dengan kebanyakan kasus pada kamera hp berembun ini tidak membahayakan. dengan catatan uap air yang masuk tidak banyak. Lain cerita kalau embun banyak bahkan sampai layar hp, kita harus bergerak cepat. Tidak ada salahnya langsung pergi ke service center terdekat.

Tak jarang, embun yang ada di kamera HP sulit hilang dengan sendirinya. Apakah kamu punya permasalahan seperti tadi? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP Dalam Waktu Semenit? Langsung simak ulasannya berikut ini.

1. Kipas Laptop

1. Kipas Laptop

Ini juga salah satu cara mudah untuk menghilangkan embun di kamera HP karena Kamu hanya perlu memanfaatkan laptop yang sedang menyala, lebih tepatnya sih memanfaatkan kipas laptop. Kamu cuma harus meletakan hp kamu disamping klipas angin laptop yang menyela.

Pastikan Kamu menaruhnya di dekat kipas laptop. Lalu, Kamu bisa diamkan beberapa saat sampai embun benar-benar hilang. Untuk cara yang ini juga tidak cukup efektif karena kipas laptop berpotensi menghembuskan debu-debu dan kotoran dari mesin laptop. Jadi, jangan diamkan HP terlalu lama dekat kipas laptop, ya.

2. Beras

2. Beras

Dengan menggunakan beras. Cara ini sudah sering saya temui dan menurut saya agak sedikit merepotkan. Bisa kita bayangklan jika kamu harus menyiapkan beras serta menunggunya sampai embun yang ada di lensa kamera hp kamu hilang.

Caranya yakni kamu masukan saja beras secukupnya di wadah yang ada atau di sebuah ember. Lalu masukkan HP kamu kedalam beras yang tadi kamu masukan ke wadah atau ember sampai tertimbun. Saran saya gunakan beras yang hangat dalam arti kamu bisa menjemur dulu beras tadi pada terik matahari.

Kemudian kamu diamkan seharian dan lihat hasilnya, bisa dipastikan embun akan hilang karena kehangatan dari beras tersebut.

3. Silica Gel

3. Silica Gel

Kita sering menemui silica gel bersama dengan sepatu yang kita beli, ada di dalam bungkus kecil dari kertas. Bahan ini berfungsi untuk menyerap kelembaban. Bisa dibeli di toko kimia untuk yang kiloan.

4. Uap Air

4. Uap Air

Dengan menggunakan uap air, sebenernya cara ini tidak saya rekomendasikan karena sedikit beresiko. Yakni dengan cara menaruh HP kamu diatas air yang panas atau hangat. Namun jangan sampai HP kamu terkena air.

Uap panas dari air tadi secara perlahan akan menghilangkan embun yang ada pada lensa kamera di HP kamu. Gunakan cara ini dengan berhati-hati karena jika kamu tidak hati-hati bisa bisa HP kamu jatuh kedalam air. Cara ini bisa kamu lakukan apabila cara ketiga diatas belum juga berhasil, Tapi jika cara ketiga diatas sudah berhasil kamu tidak perlu menggunakan cara keempat ini.

5. Hair Dryer

5. Hair Dryer

Dengan menggunakan alat penghangat. Caranya juga hampir mirip dengan menggunakan laptop tadi adalah menggunakan hair dryer bisa disebut dengan pengering rambut. Dengan menggunakan pengering rambut ini kamu bisa mengeringkan embun yang berada pada lensa kamera pada HP kamu.

Caranya tinggal nyalakan hair dryer atau pengering rambut tersebut kemudian arahkan ke kamera hp yang berembun kemudian tunggu beberapa menit sampai embun dalam kamera hp menghilang.

Tapi ada sedikit kekerungan dari cara ini yakni tidak semua orang mempunyai pengering rambut, sehingga repot untuk mencarinya. Memegang hair dryer cukup lama akan membuat tangan kamu pegal.

6. Lampu

6. Lampu

Masalah embum yang ada pada kamera hp kamu paling sering terjadi yakni di musim hujan, jadi sinar matahari tidak dapat diharapkan. Solusinya adalah memanfaatkan panasnya lampu. Yang bisa dipakai antara lain lampu belajar, lampu tidur atau sekedar flashlight dari handphone lain.

7. Sinar Matahari

7. Sinar Matahari

Embun dalam kamera HP sering kali hilang dengan sendirinya. Loh kok bisa? Ketika suhu pada lingkungan kamu meningkat maka embun akan menguap dan cepat keluar begitu saja. Sayang hal ini hanya bisa mengatasi kalau uap air di dalam HP cuma sedikit.

Agar cepat menguap, kita bisa memanfaatkan panasnya sinar matahari. Tapi jangan dijemur langsung ya! Nanti malah banyak debu yang menempel. Untuk mencegah itu, bisa memakai bungkus plastik.

Sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP Dalam Waktu Semenit. Kalau nanti ternyata embun balik lagi pada HP kamu, saya sarankan untuk membuka dan membersihkan bagian dalam handphone. Ditakutkan ada sisa air yang masuk, solusi terbaik adalah ke service center terdekat. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terima kasih.

Komentar