Terbaru! 8 Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di Android

"Apa Sih Penyebab Hal Tersebut ? Sebelum membahasi bagaimana cara mengatasi hal tersebut, tentu kita harus pahami dulu, bagaimana hal tersebut bisa terjadi bukan?? ketika hal tersebut terjadi, penyebabnya kemungkinan adalah Ram Handphone kamu terlalu banyak terpakai akibatnya saat membuka Kamera akan terjadi Forced Close. Ram penuh terjadi akibat kamu terlalu banyak membuka aplikasi lain. Penyebab kedua bisa di akibatkan karena anda sudah melakukan Root Pada Smartphone android kamu. Berikut inilah ulasan selengkapnya Mengenai, Terbaru! 8 Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di Android :"

Terbaru! 8 Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di Android, Fitur kamera pada smartphone sekarang ini menjadi sangat vital terlebih dengan kecanggihan dan fitur kamera pada smartphone era ini yang bisa dibilang hampir mendekati jepretan kameramen professional sehingga semakin memanjakan penggunanya untuk terus terusan mengabadikan moment  berharga atau sekedar berphoto selfie dengan smartphone kesayangan. Hanya saja terkadang terdapat permasalahan kamera pada smartphone kita, yang bisa saja  tiba-tiba crash atau error dengan kata lain hang atau tidak bisa digunakan dengan muncul pesan Unfortunatelly camera has been stopped atau “sayangnya kamera telah berhenti”  pada layar smartphone kamu.

Apa Sih Penyebab Hal Tersebut ?
Sebelum membahasi bagaimana cara mengatasi hal tersebut, tentu kita harus pahami dulu, bagaimana hal tersebut bisa terjadi bukan?? ketika hal tersebut terjadi, penyebabnya kemungkinan adalah Ram Handphone kamu terlalu banyak terpakai akibatnya saat membuka Kamera akan terjadi Forced Close. Ram penuh terjadi akibat kamu terlalu banyak membuka aplikasi lain. Penyebab kedua bisa di akibatkan karena anda sudah melakukan Root Pada Smartphone android kamu. Berikut inilah ulasan selengkapnya Mengenai, Terbaru! 8 Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di Android :


1. Unroot Smartphone


Memiliki hak akses root memang mempunyai banyak keuntungan bagi smartphone android, namun adakalanya root tersebut membawa berbagai dampak error. Salah satu dampaknya adalah permasalahan yang sedang kita bahas ini.

Untuk mengatasinya adalah dengan melakukan unroot. Unroot dapat dilakukan pada aplikasi root yang kamu gunakan saat melakukan root pada smartphone. Jika kamu berhasil melakukan unroot, coba cek apakah kamera kamu bisa digunakan kembali atau tidak. Jika iya, berarti penyebab utamanya adalah terletak pada root yang sudah kamu lakukan.

2. Update OS Android


Salah Satu hal atau cara yang bisa dilakukan jika terjadi error tersebut dengan cara melakukan pembaruan (Update) pada OS Android. Tentu jika kita menggunakan OS yang baru otomatis berbagai pembaruan terhadap Bug telah d atasi.

Caranya melakukan pembaruan pun terbilang mudah, kamu cukup masuk ke pengaturan kemudian cari tentang ponsel (About Phone) lalu Update System (System Update). walaupun dengan cara ini anda memerlukan jaringan untuk mendownload data baru tersebut.

3. Hapus Data Aplikasi Kamera

Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti yakni adanya kesalahan yang berasal dari aplikasi kamera itu sendiri. Seperti galat kamera atau tidak merespon, jika dibersihkan akan menghilangkan masalah tersebut.


4. Restart kembali Smartphone


Metode terbaik serta termudah untuk cara mengatasi kamera android yang tidak berfungsi yakni dengan reboot. Karena proses restart Smartphone Android akan memperbaiki terjadinya error-error kecil. Dan sekaligus menyegarkan kinerja android itu sendiri. Menurut saya pribadi dengan menggunakan cara ini cukup ampuh sebagai Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti di smartphone kamu.

5. Menonaktifkan dan Mengaktifkan Kembali Kamera Smartphone

Cara ini juga lumayan ampuh untuk memperbaiki kamera android yang tiba tiba hang dan error karena pada dasarnya semua aplikasi yang berjalan pada smartphone kamu bisa dinonaktiifkan dan kembali diaktifkan. Dengan cara ini kamu seperti merestart aplikasi kamera pada HP android kamu supaya fitur kamera tersebut kembali normal, simak caranya berikut ini

Masuk ke setting/pengaturan tap apps/aplikasi tap semua app yang sedang berjalan tap aplikasi kamera dan non aktifkan sesaat kemudian aktifkan kembali. Selesai

6. Hapus Aplikasi Kamera Lain Yang Terpasang

Jika Kamera android Kamu mengalami Blank atau berwarna hitam, hal tersebut bisa terjadi karena ada beberapa aplikasi kamera yang Kamu instal melalui pihak ketiga hingga terjadi benturan antara aplikasi kamera bawaan pabrik dan yang anda instal. Meskipun aplikasi tersebut kompatibel dengan OS Android Kamu tapi mungkin tidak dengan hardware kamera di smartphone kamu. Jika begitu Kamu bisa mencoba menghapus aplikasi kamera lain tersebut.

7. Tutup Aplikasi Lain yang sedang Berjalan

Jika Kamu ingin menggunakan Kamera, ada baiknya Kamu menghentikan aplikasi lain yang sedang berjalan di belakang layar (Backround). Kenapa harus dengan menghentikan Aplikasi, karena tujuan dari hal tersebut untuk memberikan dan meringankan beban Ram dan hanya tertuju kepada aplikasi kamera yang di buka.


8. Factory Reset atau Hard Reset Android


Cara ini adalah langkah terakhir jika semua cara di atas masih belum bisa. Cara ini terbilang sangat resiko karena akan menghapus berbagai data yang ada pada Smartphone android Kamu, jadi ada baiknya sebelum melakukan Factory Reset Kamu membackup data yang penting - penting. Tujuan dari Factory Reset ini yaitu mengembalikan Smartphone Kamu kembali ke keadaan Pabrik.

Caranya pun terbilang mudah, kamu hanya perlu masuk ke pengaturan, Kemudian cari backup dan reset, kemudia pilih Factory Reset. untuk Semua Smartphone mungkin caranya berbeda, tapi tempatnya tetap sama yaitu di pengaturan.

Nah, itulah Terbaru! 8 Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di Android. Semoga tips dari saya dapat bermanfaat dan kamu dapat tersenyum kembali karena sudah bisa mengabadikan moment berharga lagi menggunakan kamera smartphone kesayangan kamu.
Komentar