0
Home  ›  Android

Tebaru! Cara Mudah Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti di Android

Tebaru! Cara Mudah Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti di Android, Sebagai salah satu aplikasi yang paling sering dibuka, aplikasi galeri ini berfungsi untuk membuka berbagai jenis file media hiburan seperti gambar gif, foto dan video. Tetapi tidak jarang pula, sebagian pengguna menghadapi kendala aplikasi galeri Android tiba-tiba tidak bisa buka dan tentu saja akan membuat kita merasa kesal.

Salah satu error yang paling sering sekali terjadi pada Galeri Android yakni ada pesan error bertuliskan “Sayangnya Galeri Telah Berhenti” atau “Unfortunately Gallery Has Stopped”. Pesan tersebut bisa terjadi pada semua jenis smartphone. Ada beberapa penyebab dengan terjadinya error di galeri android yakni seperti penumpukan Cache, Memori RAM Penuh, Telah di lakukan rooting pada Android, dan lainnya. Maka dari itu berikut inilah 7 Cara Mudah Mengatasi “Sayangnya Galeri Telah Berhenti” di Android: 2 Menit, simak ulasan selengkapnya dibawah ini ya!


1. Hapus File Cache


File cache merupakan salah satu file yang harus kamu perhatikan setiap saat. Dalam 3 hari sekali, minimal pengguna Android harus membersihkan file cache supaya performa Android dapat terus optimal dan maksimal. Setiap aplikasi yang kamu jalankan akan membentuk File cache mulai dari Galeri, Kamera, Pesan, Instagram, WhatsApp, BBM, Line, Facebook Lite, Youtube, dan lainnya.

Untuk membersihkan File Cache, ada cara mudah yakni dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti Clean Master, 1 Tap Cleaner, CM Security, Go Speed, dan lainnya. Saya sarankan supaya hasilnya lebih maksimal memang lebih baik, kamu menggunakan aplikasi tambahan/ dari pihak ketiga.

2.  Melakukan Reboot pada Android


Melakukan reboot pada smartphone kamu merupakan salah satu Cara Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti di Android. Reboot pada smartphone Android berarti mematikan Android dengan cara melepas semua perangkat pada Android tersebut, seperti contohnya baterai, memor eksternal, SIM card serta lain lainnya. Namun, jika smartphone kamu masih dalam keadaan normal, maka lakukan reboot melalui tombol power.

Setelah hal tersebut dilakukan, tunggulah selama 30 detik. Kemudian pasanglah kembali perangkat yang dilepaskan menjadi Android yang utuh kembali atau hidupkan kembali Android dengan menekan tombol power. Lalu coba kamu amati apakah galeri tersebut sudah bisa dibuka atau tidak. Terkadang setelah kamu melakukan reboot pada smartphone kamu maka galeri akan bisa dibuka.

3. Hapus Data Galeri Android


Selain cache atau sampah pada android, aplikasi galeri juga menyimpan data di perangkat kamu. Data-data ini berupa thumbnail foto dan video, serta dat-data pengaturan. Menghapus data aplikasi galeri juga aman untuk dilakukan. Foto-foto serta video yang kamu simpan akan tetap ada.


4. Unroot Smartphone Jika Pernah Melakukan Root


Jika aplikasi galeri kamu selalu macet apalagi error terus saat dibuka setelah melakukan root, dipastikan sudah jelas penyebabnya yakni Rooting. Untuk itu langsung kamu lakukan unrooting, memang bagus serta membuat smartphone lebih cepat diakses kalau lakukan rooting, tetapi dibalik semua itu akibatnya sangat fatal.

5. Pindahkan File Media ke MicroSD


Supaya beban kapasitas memori internal smartphone tidak penuh yang bisa menyebabkan aplikasi galeri tidak bisa dibuka, pindahkan berbagai file foto dan video ke memori eksternal yakni microSD. Caranya mudah cuma buka aplikasi file maganer/file explorer kemudian gunakan fitur “Move/Pindah” ke folder di microSD.

6. Kembali Ke Pengaturan Pabrik


Beberapa cara di atas sebenarnya sudah cukup untuk mengatasi aplikasi galeri yang error. Tapi jika beberapa cara diatas belum juga bisa menangani error di smartphone kamu, kamu bisa melakukan cara ini.

Cara ini yakni dengan mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik. Untuk kembali ke pengaturan pabrik, buka Setelan > Setelan tambahan > Buat cadangan dan reset. Oh, ya. Hal yang perlu kamu pastikan terlebih dahulu yaitu kamu sudah melakukan backup data dan aplikasi sebelum melakukan ini ya. Karena merestart akan menghapus aplikasi yang ada.


7. Lakukan Factory Reset


Saya tidak menyarankan hal ini tetapi menjadi pilihan terkahir jika aplikasi galeri Kamu. masih sering menutup sendiri. Lakukan factory reset untuk memperbaiki system yang error sehingga smartphone Kamu akan kembali ke pengaturan awal dan seperti baru. Pastikan untuk membackup akun sebelum melakukannya. Caranya mudah tinggal masuk pada Settings » Backup and reset » Factory data reset.

Demikian ulasan lengkap tentang, Cara Mudah Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti di Android, Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika kamu ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Sekian dan Terimakasih.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS