Tips Cara Alami Membuat Anak Cepat Gemuk dan Sehat

"Tips Cara Alami Membuat Anak Cepat Gemuk dan Sehat, Sering kita dengar banyak para orang tua yang memperbincangkan masalah ini sesama teman nya, ya apalagi kalau bukan masalah kesehatan sih buah hatinya. Kesehatan merupakan suatu pembahasan penting yang mungkin tidak bisa di hindarkan lagi. Setiap orang pasti ingin anaknya agar tetap sehat wal'afiat terutama bagi orang tua yang peduli akan kesehatan sih buah hatinya. Baiklah sebelum kita masuk pada inti permasalahan saya akan membahas terlebih dahulu beberapa hal yang penting tentang kesehatan sih anak. Perlu Anda ketahui tidak semua anak di dunia ini tercukupi gizi nya, ada beberapa permasalahan yang menjadi penyebab tubuh anak kekurangan nutrisi dan asupan gizi sehingga berat badan anak akan terganggu. Nah, saat masa pertumbuhan nya kebutuhan gizi pada anak harus benar-benar di jaga supaya bisa terpenuhi sehingga tubuh anak tidak menjadi kurus."

Tips Cara Alami Membuat Anak Cepat Gemuk dan Sehat, Sering kita dengar banyak para orang tua yang memperbincangkan masalah ini sesama teman nya, ya apalagi kalau bukan masalah kesehatan sih buah hatinya. Kesehatan merupakan suatu pembahasan penting yang mungkin tidak bisa di hindarkan lagi.

Setiap orang pasti ingin anaknya agar tetap sehat wal'afiat terutama bagi orang tua yang peduli akan kesehatan sih buah hatinya. Baiklah sebelum kita masuk pada inti permasalahan saya akan membahas terlebih dahulu beberapa hal yang penting tentang kesehatan sih anak.

Perlu Anda ketahui tidak semua anak di dunia ini tercukupi gizi nya, ada beberapa permasalahan yang menjadi penyebab tubuh anak kekurangan nutrisi dan asupan gizi sehingga berat badan anak akan terganggu. Nah, saat masa pertumbuhan nya kebutuhan gizi pada anak harus benar-benar di jaga supaya bisa terpenuhi sehingga tubuh anak tidak menjadi kurus.

Perlu penanganan yang serius dan tepak sejak dini untuk menjaga berat badan sih anak. Seperti pola makan dan asupan nutrisi yang cukup akan sangat membantu pertumbuhan sih anak. Sebagai orang tua kita harus peduli pada jumlah gizi yang di butuhkan untuk anak kita agar masalah berat badannya bisa teratasi. Namun sayangnya tidak semua orang tua menyikapi hal ini dengan sangat serius sehingga saat sudah tubuh sih anak kurus barulah orang tua akan menyadarinya.

Oke sekarang kita akan masuk ke inti permasalahan bagaimana caranya supaya anak bisa cepat gemuk dan sehat? Di sini ada beberapa hal yang penting dan perlu anda perhatikan tidak hanya asupan gizi nya atau pun jenis makanan yang di makan oleh si anak. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini.

Tips Cara Supaya Anak Cepat Gemuk :

1. Periksa, apakah anak Anda cacingan ?


Hal pertama sekali yang penting dan perlu Anda ketahui adalah dengan memeriksa apakah anak Anda terkena cacingan. Karena apabila anak kita cacingan, segala macam cara untuk menambah berat badan pada sih anak akan sia-sia saja. Sebab cacing dalam tubuh akan menyerap semua asupan gizi serta nutrisi yang anak makan tersebut. Untuk itu apabila anak kita mengalami cacingan sebaiknya atasi dulu cacingannya, barulah anda baca tahap selanjutnya yaitu tahap 2 di bawah ini.

2. Cari tahu penyebabnya


Seorang Ibu perlu memahami ini, bahwa agar tubuh sih anak kita bisa menjadi gemuk langkah selanjut nya yang harus di perhatikan adalah apa penyebab badan sih anak menjadi kurus. Misalnya, Jika karena sakit? ya penyakitnya harus disembuhkan dulu. Umumnya, setelah pulih dari sakit, maka nafsu makan nya pun akan meningkat sehingga tidak sulit untuk makan.

3. Berikan Anak asupan gizi seimbang


Jika anak sulit untuk gemuk bukan karena cacingan atau pun penyakit, maka kita perlu menganalisis makanan sehari-harinya. Tentu saja menu gizi-gizi yang terdapat dalam makanan itu sendiri. Nah, apakah makanan asupan harian sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan umur dan aktivitas yang dilakukannya. Jika anak-anak termasuk aktif, dengan sendirinya, asupan makanan tentunya harus lebih dalam kuantitas. Jika berat badan tidak naik berarti asupan makanan tersebut tidak memenuhi kebutuhan mereka.

4. Mengatur jadwal makan anak


Nah, dalam kasus jadwal makan harus diperhatikan waktu. dan Ingat, perut anak kosong setiap 3-4 jam. Kebanyakan orang biasanya makan sekitar 7 kali sehari yang terdiri dari makanan padat sebanyak 3 kali serta beristirahat nutrisi tambahan untuk anak-anak yang berusia 1 tahun ke atas. Nah, jadi jangan hanya karena anak-anak obesitas kemudian dipaksa untuk makan setiap jam, tetapi tidak mempunyai waktu untuk makan.

5. Memberikan nutrisi protein albumin


Selain nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seorang balita agar dia bisa tumbuh sehat dan kuat. Salah satunya adalah protein albumin. Protein albumin ini adalah nutrisi yang sangat penting yang dibutuhkan di setiap sel dalam tubuh pertumbuhan atau perbaikan pada anak. Tingkat albumin normal dalam tubuh sekitar 3,5-4,5 g / dl. Tingkat albumin dalam tubuh kurang dari 2,2 g / dl mengindikasikan adanya masalah dalam tubuh.

Pada umumnya, untuk masalah gizi yang diderita oleh anak-anak tidak hanya disebabkan oleh asupan yang kurang, tetapi juga karena nutrisi yang berhasil dibawa oleh darah sangat sedikit, sehingga hal tersebut tidak dapat memberikan nutrisi pada sel. Hal yang seperti ini sering ditemukan pada anak-anak yang memiliki kebiasaan makan banyak dan cukup bergizi, namun pertumbuhan nya sangat lambat.

Kebanyakan ibu yang kemudian mengaitkan lambatnya pertumbuhan pada anak-anak dengan gejala cacingan. Bahkan, penyebab utamanya adalah karena kekurangan albumin. Kekurangan albumin ini dapat menyebabkan nutrisi dalam darah tidak dapat ditransmisikan dengan baik ke sel-sel tubuh yang membutuhkan.

Kekurangan nutrisi seperti ini juga berdampak pada penurunan sistem kekebalan tubuh, sehingga menyebabkan anak sakit. Sementara pada anak-anak yang sedang menderita penyakit tertentu, seperti tuberkulosis, akan jauh lebih lama untuk sembuh.

Sebenarnya, tubuh sudah memiliki cadangan albumin yang bisa digunakan bila asupan albumin sangat kurang. Cadangan albumin berada di dalam otot. Namun, ketika albumin tersebut diambil terus menerus, anak akan mengalami gangguan pertumbuhan. Anak akan terlihat sangat kurus dan tubuhnya tidak fit.

6. Biasakan anak untuk mengkonsumsi ikan gabus


Apa itu yang disebut ikan gabus dan mengapa ?

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar, ikan ini memiliki nama ilmiah ikan gabus yang memiliki bentuk fisik yang cukup besar, ikan gabus dapat tumbuh hingga 1 m panjang nya. Dan ikan gabus memiliki kepala yang besar seperti kepala ular, gabus termasuk jenis ikan predator dan sering di temui dalam sungai yang memiliki aliran tenang atau seperti rawa.

Penelitian Prof. Dr. Ir hasil. Eddy Suprayitno, MS, dari Fakultas Perikanan Brawijaya mengungkapkan,  bahwa konten albumin dalam ikan lele setinggi 62,24 g / kg. Sementara telur hanya 9,34 g / kg. Dan seperti apa yang dialami oleh Dahlan Iskan (Menteri BUMN RI), dia pra operasi hati karena hepatitis B, meminta saran Prof. Eddy bagaimana untuk dapat menjaga protein dalam darah. Prof Eddy Dahlan menyarankan bahwa konsumsi ikan gabus. Sejak itu, kondisinya semakin segar dan sehat.

Berdasarkan hasil penelitian ikan lele mengandung: protein = 79,5%, Albumin = 30,5%, Mineral = 5.95% = 2,84% Kadar air dari semua ini sangat baik untuk kesehatan. Gabus kandungan protein ikan lebih tinggi dari makanan, yang dikenal sebagai sumber protein seperti contohnya telur, ayam, dan daging sapi, termasuk jenis ikan yang ada. Nilai cerna protein ikan gabus juga merupakan ikan yang sangat baik, yang mencapai lebih dari 90 persen.

Daging ikan gabus ini sangat rendah membuat lebih mudah untuk dicerna bayi kolagen, orang tua, dan juga orang-orang yang baru sembuh dari sakit. Seorang bayi memerlukan asupan protein tinggi, tetapi belum memiliki saluran pencernaan yang sempurna. Tapi sayangnya ikan gabus tersebut cukup merepotkan untuk dapat di berikan kepada anak-anak, karena rasanya belum tentu anak akan suka.

Keuntungan lain dari protein ikan gabus kaya albumin, sejenis protein yang paling (60 persen) dalam plasma darah manusia. Peran utama albumin dalam tubuh sangat penting, yang dapat membantu pembentukan jaringan sel baru. Tanpa albumin; sel-sel dalam tubuh akan sulit untuk regenerasi, sehingga dapat cepat mati dan tidak berkembang.

Orang tua mana sih, yang bisa tetap tenang dan santai ketika anaknya tampak kurus. Segala upaya akan di lakukan orang tua agar anak bisa menjadi gemuk dan sehat tentunya. Jadi jika Anda ingin anak Anda tumbuh sehat dengan maksimal maka setiap orang tua wajib tahu, setidaknya harus tahu terlebih dahulu penyebabnya, memberikan nutrisi yang maksimal dan tidak pernah lupa untuk memberikan albumin asupan protein dari nutrisi dan vitamin secara teratur adalah termasuk poin penting yang dapat menambah berat badan anak. Semoga bermanfaat dan terimakasih!
Komentar