3 Langkah Cepat Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti”

3 Langkah Cepat Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti”, Kontak merupakan aplikasi yang difungsikan sebagai tempat menyimpan semua nomor serta nama dari semua teman, keluarga, maupun saudara yang sama-sama menggunakan alat komunikasi baik itu smartphone, tablet, ataupun HP yang Jadul. Kontak sangat bermanfaat saat kita ingin mengirim pesan atau melakukan panggilan tanpa harus mengingat nomor satu persatu.


Namun sayangnya, aplikasi kontak bawaan smartphone android terkadang juga bisa mengalami kerusakan atau terjadinya error. Kerusakan dan error biasanya muncul pesan pop up bertuliskan “Unfortunately, Contacts Has Stopped “ atau” Sayangnya Kontak Telah Berhenti”. Hal seperti ini terjadi tidak hanya pada satu smartphone saja, bisa saja terjadi pada semua merek smartphone yang beredar di Indonesia.


Penyebab umum mengenai masalah tersebut biasanya karena file cache yang terus menumpuk serta akhirnya membuat beberapa aplikasi berhenti secara tiba–tiba, hal seperti ini terjadi pada aplikasi ‘kontak’. Tidak hanya itu saja, Memori RAM penuh juga bisa menjadi penyebab kenapa beberapa aplikasi mengalami macet serta muncul pesan error. Tapi kamu tenang saja, kali ini saya akan membantu dengan beberapa tips jitu yang saya ulas dibawah ini.

3 Langkah Cepat Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti”

Apabila android kamu memunculkan notifikasi seperti Sayangnya Kontak Telah Berhenti di android, kamu bisa atasi dengan beberapa cara simple dan mudah dibawah ini. Tapi sebelum melakukan cara dibawah ini, pastikan anda telah membackup atau memindah semua kontak nomor dari memori Internal ke SIM Card.

Langkah 3 : Factory Reset Android

Jika dengan menggunakan 2 cara dibawah nanti tetap tidak berhasil mengatasi masalah maka terpaksa kamu harus melakukan reset pada Android kamu. Tapi pastikan kamu telah melakukan backup pada semua file di Android kamu mulai dari musik, foto, video,  okumen, dan yang lainnya. Apabila backup sudah kamu lakukan, barulah kamu melakukan reset pada Android kamu. Cara cepat reset Android dibawah ini.
  • Buka Menu Pengaturan
  • Buat Cadangan & Setel Ulang
  • Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik
  • Pilih “Reset Ulang Telepon”.

Langkah 2 : Hapus Data Aplikasi Kontak
Jika dengan cara pertama tidak berhasil maka lakukan dengan cara kedua. Dengan menghapus data aplikasi kontak akan mengembalikan aplikasi kontak berada pada posisi default. Ini artinya semua file dari basis data, cache, history panggilan, dan yang lainnya akan hilang secara permanen, termasuk semua nomor telepon yang telah kamu simpan. Maka dari itu sebelum melakukan cara ini, pastikan kamu sudah memindah semua nomor ke kartu SIM atau SD Card.
  • Buka menu Pengaturan
  • Aplikasi
  • tap Semua
  • cari aplikasi Kontak, kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
  • Lakukan hal yang sama pada Aplikasi telepon,
  • Paksa Berhenti serta Hapus Data
Langkah 1 : Hapus File Cache Android
File cache merupakan salah satu file yang harus kamu perhatikan. Hal ini berlaku tidak hanya pada kontak Android saja, melainkan semua aplikasi Android mulai dari aplikasi bawaan sampai aplikasi dari pihak ketiga seperti Facebook Messenger, Facebook Lite, Google Chrome, WhatsApp, Instagram, Google Play Store, dan yang lainnya.

Untuk membersihkan file cache Android, untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa gunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master atau CM Security. Untuk membersihkan file cache tanpa aplikasi kamu bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.
  • Buka menu Pengaturan
  • Aplikasi
  • Tap Semua
  • Cari aplikasi Galeri
  • Kemudian tap Hapus Cache
Dengan tiga cara diatas saya rasa sudah lebih dari cukup. Saran dari saya pribadi, supaya nanti tidak terjadi error pada kontak android atau aplikasi yang lain, cobalah untuk menginstall aplikasi pembersih seperti Clean Master, CM Security, CCleaner, GO Speed, 1 Tap Cleaner, atau yang lainnya. Aplikasi semacam itu dapat membersihkan Android dari file cache, temporary, history, dan malware jahat. Unduh gratis melalui Google Play Store.

Demikian ulasan tentang  3 Langkah Cepat Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti”, Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!
Komentar