0
Home  ›  PC

Cara Mudah Membuat Laptop Terbebas Dari Serangan Virus Dan Trojan

Cara Mudah Membuat Laptop Terbebas Dari Serangan Virus Dan Trojan, Komputer telah menjadi salah satu kebutuhan penting di era digital seperti sekarang ini. Kehadiran perangkat komputer telah banyak membantu manusia dalam berbagai hal. Namun, komputer pun memiliki masalah tersendiri, yaitu sifatnya yang rentan terhadap serangan berbagai virus dan malware atau Trojan.


Saat ini ada begitu banyak jenis virus, malware, serta trojan. Tapi, banyak pula cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah virus dan malware tersebut, seperti memakai antivirus berkualitas, update sistem operasi, memasang firewall, dan yang lainnya. Nah, kali ini saya akan bahas cara yang bisa anda gunakan untuk amankan komputer dari virus maupun trojan.

Cara Mudah Membuat Laptop Terbebas Dari Serangan Virus Dan Trojan

1. Gunakan Browser Terpercaya


Browser juga bisa menjadi salah satu alat perlindungan komputer kalian dari ancaman virus dan trojan karena pada beberapa browser seperti Mozilla serta Chrome memiliki fitur yang akan memberikan peringatan anda jika ada situs yang memiliki malware. Selain itu, sebaiknya anda tidak menggunakan Internet Explorer karena ternyat sangat rentan terhadap serangan para hacker.

2. Jauhi Situs-Situs Berbahaya


Cara  yang bisa anda lakukan agar komputer anda bebas dari virus dan trojan adalah mulai menghentikan kebiasaan mengunjungi situs-situs berbahaya yang berpotensi menjadi sumber virus dan trojan. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengetahui situs-situs semacam ini, karena terdapat situs-situs tertentu yang ketika anda akses, maka browser anda akan memunculkan pemberitahuan.

Namun, beberapa situs yang tidak diblokir oleh browser anda juga berpotensi menyimpan virus dan trojan. Khususnya situs-situs dewasa serta situs download bajakan, termasuk Torrent.


3. Siapkan User Account Cadangan


Kebanyakan virus dan trojan membutuhkan hak akses administrator untuk menyerang sistem komputer anda. Ada baiknya jika anda menyiapkan sebuah user account tambahan sebagai media untuk berselancar di internet dan user account jenis administrator sebagai pengontrol sistem komputer anda.

4. Lakukan Backup Sistem


Melakukan Backup Sistem pada waktu tertentu akan menjadi tindakan yang bijak, apalagi jika anda tergolong orang yang sering berselancar di internet. Anda bisa melakukan backup sistem saat anda sudah yakin komputer anda belum terinfeksi virus serta trojan. Jadi, nantinya jika suatu saat komputer anda terkena virus dan trojan dan file berharga hilang, anda tinggal melakukan restore sistem.

5. Lakukan Scanning Rutin dan Scanning Pada Perangkat Eksternal


Salah satu kebiasaan baik yang wajib anda lakukan untuk mengamankan komputer anda dari virus serta trojan adalah melakukan scanning rutin menggunakan antivirus terpercaya. Dengan melakukan scanning rutin, anda bisa segera mengetahui jika komputer anda terinfeksi virus dan trojan, kemudian segera mengatasi virus dan trojan tersebut sebelum berkembang dan menggerogoti seluruh sistem komputer anda.

Selain scanning rutin, anda juga harus melakukan scanning untuk setiap perangkat eksternal yang masuk ke komputer anda seperti Flashdisk dan Hard Disk Eksternal, karena media seperti inilah yang sering menjadi sumber penularan virus dan trojan.


Itulah tadi 5 cara mengamankan komputer (termasuk laptop) anda dari serangan virus dan trojan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Pesan Jaka, jagalah keamanan komputer anda dengan melakukan berbagai tindakan pencegahan seperti yang sudah saya jelaskan di atas agar komputer anda terhindar dari virus dan trojan.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS