Cara Mudah Menghemat Baterai HP LG Supaya Awet dan Tidak Boros

Cara Mudah Menghemat Baterai HP LG Supaya Awet dan Tidak Boros, LG termasuk vendor smartphone yang sangat popular di pasaran. Banyak sekali produk yang mereka buat. Termasuk untuk smartphone android. Salah satu kelemahan dari system berbasis android adalah baterai yang cepat habis. Apalagi harus kita harus aktif internet 24 jam, akan membuat daya baterai cepat habis. Saat ini memang ada beberapa vendor handphone yang memberikan hemat baterai, tetapi terkadang tidak begitu mampu.


Jika harus charger berulang kali juga sangat menjengkelkan dan bisa merusak baterai hp kita. Apalagi dicharger sambil digunakan. Akan membuat handphone cepat panas dan baterai menggelembung. Sekarang tidak perlu khawatir, berikut ini cara menghemat baterai LG android paling ampuh yang bisa kamu gunakan.


1. Nonaktifkan Live Wallpaper
Selain memakai wallpaper yang gelap, memakai live wallpaper juga bisa menghabiskan banyak daya, oleh karena itu lebih baik nonaktifkan live wallpaper anda. Live wallpaper merupakan walllpaper yang bergerak dan lucu-lucu bentuknya. Menonaktifkan live wallpaper bisa menghemat baterai hp LG sekitar 80% daya baterai kamu. Biasanya cewek banyak yang suka mengaktifkan live wallpaper karena bentuk layar handphone akan semakin menarik. Jika kamu sering melakukan hal ini, lebih baik dimatikan.

2. Pakai Wallpaper Yang Gelap
Bagi para wanita sangat suka memakai wallpaper yang berwarna-warni. Wallpaper yang berwarna-warni bisa menghabiskan daya yang cukup besar. Oleh karena itu salah satu Cara menghemat baterai Hp LG adalah dengan menggunakan wallpaper yang gelap. Apalagi jika layarnya jenis amoled. Layar jenis ini akan menerangi bagian yang terang saja. Jadi jika wallpapernya gelap, kemampuan handphone untuk menerangi layar semakin sedikit dan daya semakin hemat. Kita bisa menghemat 6% baterai jika memakai walllpaper yang gelap.

3. Nonaktifkan Fitur GPS Jika Tidak Perlu
Jika tidak gunakan, lebih baik nonaktifkan fitur GPS kamu. GPS digunakan untuk mengetahui lokasi kita. Biasanya digunakan ketika kita memakai maps. Jadi jika tidak digunakan lebih baik di nonaktikan saja. Pengaktifkan GPS yang terlalu lama, akan membuat handphone selalu mencari jaringan internet yang kuat. Ini membuat daya baterai akan cepat habis. Tinggal masuk ke menu pengaturan pilih lokasi lalu dinonaktifkan.

4. Kecerahan Layar
Ternyata memakai layar yang sangat cerah membuat daya baterai LG cepat habis. Bahkan menjadi faktor utama baterai kamu cepat boros. Oleh karena itu kamu harus bisa mengatur kecerahan layar dengan baik. Layar handphone yang terlalu cerah, radiasinya juga bisa mengganggu mata kamu. Jika kamu berada di dalam ruangan dan tidak butuh kecerahan yang terlalu tinggi. Atur tingkah kecerahannya kamu di titik yang paling rendah. Bisa juga diatur secara otomatis. Sehingga layar akan menyesuaikan kecerahan layar ruangan.


5. Matikan Fitur Sinkronisasi Otomatis
Dalam smartphone LG android terdapat fitur Sinkronisasi otomatis atau Auto Sync. Fitur ini digunakan untuk memasukkan file kita ke memory cloud secara otomatis dan menjadi salah satu penyebab baterai LG cepat habis. Selain itu digunakan untuk mendapatkan notifikasi dari aplikasi yang diaktifkan. Jika semua pemberitahuan aplikasi aktif, tentunya akan memakan daya yang sangat banyak sekali. Apalagi kamu memakai sosial media dan berbagai jenis game.

Lebih baik matikan fitur ini atau hanya diaktifkan pada aplikasi yang penting menurut kamu. Untuk game bisa dinonaktifkan. Sehingga pemberitahuan muncul ketika kamu membuka aplikasi tersebut. Cara menghemat baterai lg dengan tips ini sangat mudah. Masuk ke menu pengaturan lalu pilih accounts and sync. Lalu pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan pemberitahuannya.

6. Matikan Fitur Nada Tombol Dan Getar
Cara menghemat baterai LG selanjutnya yaitu dengan mematikan fitur nada tombol dan getar. Hal ini mungkin simple dan tidak begitu diperhatikan. Tapi ternyata bisa menghabiskan daya yang cukup banyak. Tidak perlu mengaktifkan kedua fitur tersebut, cukup gunakan nada dering saja. Kecuali jika memang dibutuhkan. Cara nonaktifkannya sangat mudah. Tinggal masuk ke menu pengaturan, pilih nada atau profil audio, untuk bagian getar dan getar saat disentuh di nonaktifkan.dengan melakukan cara ini, anda bisa menghemat baterai lebih banyak.

7. Matikan Wifi
Jika tidak sedang digunakan atau tidak berada di wilayah yang ada jangkauan wifi. Lebih baik matikan wifi kamu. Ketika fitur wifi selalu aktif akan membuat penggunaan baterai semakin boros. Jika tidak terjangkau wifi, gunakan data internet. Tapi ketika tersambung dengan wifi, lebih baik data internet yang dinonaktikan. Ini akan membuat penggunaan baterai HP LG lebih hemat dan bisa bertahan lebih lama.

8. Gunakan Aplikasi Penghemat Daya
Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk menghemat daya baterai LG anda. Seperti avast battery saver, DU battery saver, battery doctor, dan masih banyak lainnya. Tinggal pilih aplikasi yang menurut kamu kerjanya bagus. Dengan memakai aplikasi tersebut akan membantu menghemat daya sekitar 50%. Selain itu aplikasi baterai saver, bisa mengecek penggunaan cpu dan ram di handphone kamu. Jadi anda tahu ketika keadaan handphone sudah terlalu panas, harus segera didinginkan. Supaya tidak cepat rusak.


9. Uninstal Aplikasi Yang Tidak Digunakan
Banyak orang yang suka instal aplikasi supaya terlihat lebih keren. Tapi aplikasi tersebut tidak digunakan sama sekali. Jika di handphonne kamu banyak aplikasi yang diinstal, akan membuat kinerja handphone semakin berat dan akhirnya baterai cepat habis, jadi gunakan aplikasi yang memang kamu gunakan.

10. Kurangi Widget
Tidak perlu menggunakan banyak widget pada smartphone LG karena bisa menjadi salah satu alasan kenapa bataerai LG boros. Penggunaan widget memang bisa membuat tampilan handphone kamu semakin bagus. Tapi ini bisa membuat daya baterai kamu cepat habis. Selain itu membuat kinerja ram semakin tinggi, sehingga baterai kamu akan cepat panas.
Komentar