Cara Mudah Cek Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Tanpa PC: 2 Menit

"Cara Mudah Cek Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Tanpa PC: 2 Menit, cara lain untuk mengetahui status UBL pada HP Xiaomi yang kita gunakan"

Cara Mudah Cek Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Tanpa PC: 2 Menit, Sebuah smartphone yang menggunakan system operasi berbasis android pastinya mempunya bootloader yang bertugas dalam memberi intruksi kernel pada system operasi android untuk menjalankan booting secara normal seperti yang telah di atur oleh developernya. Hal tersebut dikarenakan smartphone dengan system operasi android merupakan OS yang open source sehingga menyediakan berbagai jenis hardware yang berbeda-beda yang membuat setiap pabrikan smartphone mempunyai spesifikasi bootloader yang berbeda pula.

Hal tersebut dapat menimbulkan sebuah dampak positif dan juga negative. Dampak positif dapat dirasakan pengguna smartphone karena dengan terbukanya bootloader mereka bisa mengganti sebuah ROM sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Sedangkan dampak negative muncul jika mereka salah memasang ROM maka akan sangat fatal pada perangkat yang menyebabkan device tersebut justru mati total.

Cara Mudah Cek Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Tanpa PC: 2 Menit

Meskipun operating system android terkenal dengan open source-nya, namun setiap vendor smartphone yang mengusung OS ini tidak ingin penggunanya beralih ke custom ROM lain serta meninggalkan user interface yang sudah jerih payah mereka kembangkan. Karena dasar itulah setiap vendor smartphone memutuskan untuk mengunci bootloader mereka agar pengguna tidak bisa melakukan penggantian ROM lain.

Terkuncinya bootloader akan membuat pengguna sangat kesulitan untuk dapat memodifikasi perangkat mereka serta hampir mustahil untuk mengganti ROM resmi bawaan pabrikan meskipun memakai cara yang paling mutakhir sekalipun seperti menggunakan metode EDL bahkan. Oleh sebab itu, jika kamu memutuskan untuk mengganti custom ROM langkah awal yang harus kamu ketahui yaitu cara membuka kunci bootloader tersebut.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pihak Xiaomi sejak tahun 2016 yang lalu telah mengambil keputusan untuk mengunci bootloader pada semua perangkat smartphone yang berbasis android. Diberlakukannya aturan tersebut bertujuan untuk mengurangi peluang para pengguna Xiaomi beralih dari MiUi ke custom ROM lain yang dianggap merugikan perusahaan asal Tirai Bambu tersebut.

Karena belakangan ini banyak sekali beredar sebuah ROM distributor atau ROM Xiaomi yang abal-abal serta memiliki banyak sekali bloatware sehingga merugikan pengguna karena dapat membuat konsumen justru jenuh menggunakan MiUi karena banyak iklan yang bermunculan dan menghabiskan banyak sekali kuota data internet mereka.

Semua device Xiaomi yang rilis pada tahun 2017 sudah 100% memakai bootloader yang terkunci seperti contohnya Redmi Note 4 5, Mi 6, Mi Mix 2, Mi Max 2. Jika kamu merasa penasaran ingin mengecek status bootloader (UBL) Xiaomi kamu terkunci atau terbuka, kamu bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Inilah 5 Cara Cek Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Tanpa PC

1) Buka Menu "Tentang Ponsel"

Silahkan kamu pergi ke menu Pengaturan => Tentang Ponsel

2) Tekan "Versi MiUi"

Kemudian banyak informasi yang di tampilkan setelah menu "Tentang Ponsel" kamu klik. Kamu abaikan menu yang lainnya, cukup fokus saja pada Versi MiUi lalu tekan sebanyak 7 kali hingga mode pengembang aktif.

3) Cari menu "Setelan Tambahan"

Setelah versi MiUi di klik sebanyak 7 kali maka mode pengembang sudah diaktifkan, selanjutnya silahkan kamu temukan menu tersebut dengan pergi ke menu Pengaturan => Setelan Tambahan

4) Cari menu "Opsi Pengembang"

Kemudian akan muncul banyak pilihan menu. Silahkan kamu cukup scrol ke bawah lalu ada sebuah menu "Opsi Pengembang"

Setelah menu "Opsi Pengembang" ketemu, kamu langsung klik saja menu tersebut maka akan ada banyak menu lain namun kamu abaikan saja, kamu scrol saja terus ke bawah sampai ketemu menu "Mi Unlock Status" tepat seperti contoh gambar di bawah!

Jika tampilan UBL kamu seperti pada gambar di atas (gembok masih dalam keadaan terkunci), artinya bootloader HP Xiaomi kamu masih terkunci (locked bootloader). Untuk unlock-nya kamu bisa membaca cara membuka (unlock) UBL Xiaomi.

Cek UBL Xiaomi Dengan PC/ Komputer

Selain cara di atas ternyata ada cara lain untuk mengetahui status UBL pada HP Xiaomi yang kita gunakan yakni menggunakan PC/ komputer. Jika kamu menggunakan ROM MIUI 8 ke bawah, tidak menu Mi Unlock Status tidak akan ada, jadi untuk mengeceknya kamu harus menggunakan bantuan PC/Komputer, Laptop dan software 15 Seconds ADB Installer sebagai berikut:

a) Unduh Aplikasi ADB Installer

Unduh dan isntall aplikasi bernama ADB Installer di pada Windows, Mac OS dan Linux. Setelah menginstall ADB Installer, masuk ke folder C:\adb kemudian tekan SHIFT + Klik Kanan pada bagian kosong dan pilih Open command window here.. Lihat gambar di bawah!

buka cmd

b) Ketik Perintah pada CMD

Selanjutnya ketik perintah fastboot oem device-info pada kotak Command Prompt. Jika pada informasi Device unlocked: true; Lihat gambar di bawah!

ktik perintah di cmd

Jika muncul seperti tanda panah di atas, artinya smartphone Xiaomi kamu telah unlock bootloader, tapi jika false, artinya bootloader Xiaomi kamu masih terkunci (locked bootlader).

Komentar