9 Cara Memaksimalkan Performa Android Dengan Akurat & Cepat

"9 Cara Memaksimalkan Performa Android Dengan Akurat & Cepat, Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kebutuhan akan sebuah smartphone di berbagai kalangan masyarakat pada masa sekarang ini sudah menjadi suat hal yang sangat penting. Sebab, selain bisa digunakan untuk berkomunikasi, smartphone juga mempunyai peran penting lainnya. Contohnya saja untuk dokumentasi, menonton fil ataupun video, bermain game, berbisnis dan lain sebagainya. Ada perubahan pada kecepatan smartphone Androidmu? Jangan bingung, karena dengan menurunnya performa smartphone Android tidak selalu disimpulkan rusak. Android merupakan sistem operasi yang modern, sehingga lebih kompleks, butuh perlakuan serta perawatan ekstra. Nah, berikut ini a"

9 Cara Memaksimalkan Performa Android Dengan Akurat & Cepat, Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kebutuhan akan sebuah smartphone di berbagai kalangan masyarakat pada masa sekarang ini sudah menjadi suat hal yang sangat penting. Sebab, selain bisa digunakan untuk berkomunikasi, smartphone juga mempunyai peran penting lainnya. Contohnya saja untuk dokumentasi, menonton fil ataupun video, bermain game, berbisnis dan lain sebagainya.

Ada perubahan pada kecepatan smartphone Androidmu? Jangan bingung, karena dengan menurunnya performa smartphone Android tidak selalu disimpulkan rusak. Android merupakan sistem operasi yang modern, sehingga lebih kompleks, butuh perlakuan serta perawatan ekstra. Nah, berikut ini adalah 9 Cara Memaksimalkan Performa Android Dengan Akurat & Cepat, cekidot!


1. NonAktifkan Aplikasi Factory yang Tidak Digunakan


Tips memaksimalkan performa smartphone android yang pertama yakni mematikan aplikasi yang tidak digunakan. Smartphone android yang mempunyai banyak aplikasi yang sudah disediakan oleh pihak android (aplikasi factory). Hal ini dapat menjadi beban di kapasitas penyimpanan pada smartphone android.

2. Clear Data Pada Beberapa Aplikasi yang Jarang Sekali Digunakan


Cara untuk memaksimalkan performa smartphone selanjutnya yakni dengan cara melakukan clear data pada aplikasi yang jarang digunakan secara berkala. Hal ini juga dapat membantu meringankan beban pada kapasitas penyimpanan smartphone android.

3. Pindahkan Data-data Besar ke Memori Eksternal dan Beralih ke Memori Class 10


Kapasitas memori internal perangkat Android berbeda tergantung kelasnya. Walau begitu, alokasi data merupakan hal yang sangat penting sebab bila memori internal memikul beban yang terlalu banyak, sehingga dapat mengakibatkan perangkat berjalan sangat lamban. Maka dari itu cobalah untuk memindahkan beberapa data misalnya musik, foto, video dan aplikasi berukuran besar ke memori eksternal.

Kemudian untuk mempercepat kinerja smartphone Androidnya sendiri, gunakanlah memori eksternal Class 10. Memang dari segi harga lebih mahal tapi sebandingkan dengan performanya.

4. Mematikan Fitur Auto-rotate


Fitur auto-rotate ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan orientasi layar sesuai dengan posisi perangkat secara otomatis. Biasanya pengguna smartphone Android selalu mengaktifkan fitur ini, Alhasil menimbulkan dampak yang justru membuat perangkat bekerja lebih keras.

5. Optimalkan Kinerja RAM


RAM mempunya peran penting dalam mempercepat kinerja android. Karena semakin tinggi ruang kapasitas sebuah RAM, maka akan semakin bagus pula kinerja Android. Tetapi bagi Kamu yang memiliki smartphone android dengan kapasitas kecil, silahkan matikan aplikasi yang banyak mengkonsumsi RAM.


6. Mengubah Animasi


Antarmuka Android sudah dilengkapi dengan animasi halus yang membuat pergerakan menu dan interaksi dengan smartphone lebih menyenangkan. Sebagai contoh, kamu dapat melihat animasi tersebut ketika kamu sedang membuka atau menutup aplikasi, membuka panel notifikasi, mengklik ikon tertentu, dan lain sebagainya.

Tetapi, dengan animasi ini juga dapat mempengaruhi kinerja smartphone dan membuat Android lebih lambat. Tapi ada cara mudah untuk menonaktifkan atau mematikannya, yakni melalui pengaturan Developer Options. Secara default, transisi, animasi window, serta animator disetel "1x skala". Artinya, waktu animasi berjalan sekitar satu detik.

7. Root dan Install Custom ROM


Android merupakan system open source, jadi siapa pun yang memiliki pengetahuan dapat mengambil kode dasar Android serta melakukan modifikasi atau membuat tweak tertentu. Jadi, maksimalkan dengan melakukan root smartphone Android kamu. Dari titik ini, kamu bisa melakukan banyak hal. Buka saja XDA Developer dan ketikkan jenis smartphone kamu. Maka, kamu akan dapat melihat beragam tips dan trik untuk dapat membuat smartphone kamu lebih cepat dari sebelumnya.

Apabila smartphonemu tidak mendapatkan dukungan update ke sistem operasi Android terbaru dari vendor, kamu bisa menjajal versi Android terbaru Nougat lewat custom ROM. Ada beberapa custom ROM yang cukup terkenal di kalangan pengguna android antara lain CyanogenMod, Dirty Unicorns, Paranoid Android, Resurrection Remix, Cataclysm, dan lainnya.

8. Non-Aktifkan Paket Data atau Wifi Apabila Tidak Menggunakan Internet


Dengan banyaknya aplikasi pada smartphone android yang terhubung secara langsung dengan koneksi internet.Seperti contohnya aplikasi media sosial yang sangat terkenal dikalangan masyarakat luas.

Aplikasi yang secara langsung terhubung dengan koneksi internet akan running secara otomatis apabila terdapat notifikasi. Nah, hal seperti ini dapat menyebabkan bertambahnya beban pada RAM di smartphone android. Apabila RAM pada smartphonemu bekerja secara maksimal, maka smartphone android akan mulai terasa lambat. Sehingga saya sarankan untuk menonaktifkan koneksi internet pada saat smartphone android tidak digunakan agar dapat memaksimalkan peforma smartphone android.


9. Factory Reset


Melakukan factory Reset, Seiring berjalannya waktu, pengguna smartphone akan sering memasang dan menghapus banyak sekali aplikasi yang terdapat pada smartphone yang di gunakan. Mungkin ada banyak aplikasi yang terpasang di dalam smartphone Android Kamu yang jarang di gunakan atau bahkan tidak pernah di gunakan sama sekali. Jangan khawatir, karena aplikasi-aplikasi tersebut sebenarnya masih tetap berjalan di dalam background, hal ini dapat menjadikan baterai cepat habis dan memakan RAM yang cukup banyak.

Demikianlah ulasan lengkap tentang 9 Cara Memaksimalkan Performa Android Dengan Akurat & Cepat, yang bisa kamu coba sekarang juga. Apabila ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar ya. Sekian dan Terimakasih.
Komentar