0
Home  ›  Kesehatan

7 Cara Supaya Bayi Cepat Tidur Pulas dan Tidak Rewel

"Memiliki bayi baru saja lahir tentu menjadi kebahagiaan dan tantangan tersendiri. Salah satu masalah yang kerap ditemui oleh para orangtua adalah menghadapi pola tidur bayi yang masih sangat berbeda dengan pola tidur orang dewasa. Sebagian besar bayi akan terbangun pada waktu malam atau dini hari, membuat para orangtua kelelahan atau bahkan merasa stress."

7 Cara Supaya Bayi Cepat Tidur Pulas dan Tidak Rewel, Sebagai orang tua, kamu pasti selalu memperhatikan kondisi anak kamu setiap harinya untuk tetap sehat dan baik. Khususnya untuk para anak balita atau anak kecil yang masih belia membutuhkan pantauan dari ayah atau ibu nya secara spesifik.

Memiliki bayi baru saja lahir tentu menjadi kebahagiaan dan tantangan tersendiri. Salah satu masalah yang kerap ditemui oleh para orangtua adalah menghadapi pola tidur bayi yang masih sangat berbeda dengan pola tidur orang dewasa. Sebagian besar bayi akan terbangun pada waktu malam atau dini hari, membuat para orangtua kelelahan atau bahkan merasa stress.


Tapi jangan khawatir kali ini saya akan memberikan 7 Cara Supaya Bayi Cepat Tidur Pulas dan Tidak Rewel, Penasaran apa saja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini. Cekidot!

1. Menciptakan Suasana Yang Nyaman
Suasana yang nyaman untuk bayi bisa tidur dengan cepat adalah kondisi yang tenang dan tidak ada gangguan. Misalnya dengan cara mematikan lampu atau ganti lampu kamu menjadi redup atau tidak menyilaukan pandangan, menghindari suara bising, televisi tidak menyala dan yang perlu diingat adalah jauhkan si buah hati dari berbagai mainan yang bisa mengambil alih fokus perhatiannya. Apabila udara terasa dingin, kenakan ia celana panjang atau baju berlengan panjang.

2. Kenali Tanda Mengantuk
Mengantuk merupakan pertanda tubuh bayi mulai lelah. Biasanya ditandai dengan mengisap-isap jari, menggosok-gosokkan mata, menguap atau malah menangis (rewel). Bila tanda-tanda ini muncul, segera tidurkan bayi. Kondisi seperti ini menguntungkan bagi bayi jadi lebih awal tidurnya dan tidak rewel. Kenali tandanya  agar bayi tidur nyenyak

3. Jangan Sampai Bayi Kamu Tertidur Saat Menyusu
Kebiasaan membiarkan bayi kamu terlelap saat sedang menyusu akan berdampak buruk di kemudian hari. Tidak semua bayi dapat terlepas dari kebiasaan yang satu ini saat mereka hendak beranjak besar, beberapa bayi akan menjadi sangat tergantung dan menjadikan menyusu sebagai kebiasaan untuk membawa mereka tidur.

Untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut, kamu dapat melepas isapan si kecil dari payudara atau botol susunya tepat sebelum ia terlelap. Mulailah kebiasaan ini sedini mungkin, karena kebiasaan tidur bayi akan terbentuk dengan baik saat usia 4 hingga 6 bulan.

4. Beri Bayi Teman Tidur
Cara Supaya Bayi Cepat Tidur Pulas dan Tidak Rewel berikutnya yakni member bayi teman tidur. Teman tidur ini membuat bayi merasa lebih aman saat terbangun tanpa ada orangtua di sisinya. Secara tidak langsung, ini juga menanamkan kemandirian pada anak.

Tapi, hati-hati ya. Pilih teman tidur untuk bayi yang tetap aman untuknya. Jangan benda yang terlalu besar, lembut, dan juga berpotensi menghalangi jalan napas bayi jika tertutup benda itu.

5. Kenakan Pakaian Nyaman Agar Bayi Tidur Lelap
Kenakan pakaian yang nyaman, seperti yang berbahan kaus atau katun yang mudah menyerap keringat. Pastikan ukurannya pas, tidak kelewat besar atau kecil. Hindari pakaian berbahan sintetis karena tidak menyerap keringat.

6. Tidak Membuat Perutnya Terlalu Kenyang
Jadi, beri bayi makan sebanyak yang mereka mau dan juga tidak berlebihan. Kemudian untuk memecahkan asosiasi minum susu sebelum tidur, dapat di lakukan di aktivitas  yang lain, misalnya menceritakan dongeng atau menyanyikan lagu.

7. Aturlah Waktu Tidur Yang Sudah Pasti
Membuat waktu tidur yang sudah pasti dan memiliki rutinitas malam hari yang menenangkan bisa membantu bayi baru lahir untuk tidur secara signifikan. Elemen-elemen ini bisa menenangkan sang bayi dan meregulasi ritme circadian-nya yang membantu memberikan isyarat saat waktu tidur malam hari tiba

Nah itulah tadi ulasan lengkap tentang 7 Cara Supaya Bayi Cepat Tidur Pulas dan Tidak Rewel, yang bisa kamu coba sekarang. Apabila ada pertanyaan yang ingin kamu sampaikan silahkan tulis dikolom komentar dibagian bawah ya. Sekian dan Terimakasih.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS