0
Home  ›  Kesehatan

7 Hal Penting Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir

"Merawat bayi yang baru lahir merupakan pekerjaan penuh dengan ketelitian. Bayi baru lahir harus mendapatkan perlakukan yang ekstra dari ibu agar ia bisa tumbuh sehat dan cerdas. Jadi, perlakuan istimewa apakah yang bisa kamu lakukan pada bayi baru lahir? Simak ulasan selengkapnya berikut ini. Cekidot!"

7 Hal Penting Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir, Sebagai orangtua tentu saja kita sudah berkewajiban untuk merawat dan menjaga anak kita sampai ia tumbuh besar. Bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan dan juga belum berpengalaman untuk merawat bayi pertamanya tentunya ini akan menjadi hal yang sedikit rumit.

Merawat bayi yang baru lahir merupakan pekerjaan penuh dengan ketelitian. Bayi baru lahir harus mendapatkan perlakukan yang ekstra dari ibu agar ia bisa tumbuh sehat dan cerdas. Jadi, perlakuan istimewa apakah yang bisa kamu lakukan pada bayi baru lahir? Simak ulasan selengkapnya berikut ini. Cekidot!


1. Memberikan ASI Untuk Makanan Utama Bayi Yang Baru Saja Lahir
Air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi baru lahir, karena ASI mengandung colostrum dan zat-zat penting lainnya yang bagus untuk imunitas dan tumbuh kembang bayi.

2. Merawat Tali Pusat Bayi
Bayi yang baru lahir tentu masih ada tali pusat, biasanya tali pusat ini akan terputus dengan sendirinya sekitar setelah 1 sampai dengan 2 minggu. Perawatan tali pusat ini harus dirawat dengan sangat berhati-hati dan diperhatikan dengan baik karena daerah yang satu ini mudah sekali terkena infeksi.

3. Perhatikan Kuku Bayi Baru Lahir
Kuku bayi yang baru lahir memang masih lembut dan tipis, sehingga membuat orang tua tidak tega untuk memotongnya. Demi menjaga kesehatan bayi, perawatan bayi harus diperhatikan. Sebaiknya kamu memotong kuku bayi dengan alat pemotong khusus untuk bayi baru lahir. Terkadang bayi suka memasukkan tangan ke dalam mulut. Bayi yang mempunyai kuku panjang juga bisa melukai kulitnya yang lembut.

4. Bayi Baru Lahir Punya Kulit Yang Sensitif
Jaga kebersihan bayi kamu karena kulit bayi baru lahir sangat sensitif. Salah satu masalah yang sering timbul pada bayi yakni ruam popok. Usahakan bokong bayi kamu tetap bersih dan kering. Sering-seringlah ganti popok untuk mencegah munculnya ruam. Caranya gunakan air hangat serta kapas halus ketika membersihkan bokongnya lalu keringkan dengan handuk yang lembut.

Tidak disarankan untuk membersihkan kulit bayi dengan menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol. Alkohol bersifat mengeringkan yang dapat memicu iritasi kulit. Selain itu juga, jangan memakaikan popok pada bayi terlalu kencang karena dapat membuat kulitnya menjadi lecet.

5. Ritual Tidur
Hal Penting Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir berikutnya yaitu ritual tidur. Total waktu tidur bayi baru lahir adalah 16 jam sehari, dengan tidur malam yang gelisah, diselingi beberapa kali bangun. Setelah usia beranjak 5 minggu, barulah bayi memiliki pola tidur tetap, yaitu tidur lebih awal di malam hari dan terbangun 2-3 kali di tengah malam. Ritual tidur dapat membantu bayi tidur lebih cepat dan berkualitas.

6. Mata Bayi
Untuk membersihkan kotoran di mata, basuh dengan menggunakan kapas steril yang dibasahi air matang. Selalu gunakan satu kapas steril untuk tiap mata. Usap dengan arah dari dalam ke luar.

7.  Merawat Rambut Bayi
Pada saat mandi, rambut bayi yang baru lahir bisa dibersihkan dengan menggunakan shampoo khusus bayi yang tidak pedih di mata dan tentu saja shampoo harus mengandung vitamin B5 supaya rambut dan juga kulit kepala bayi menjadi bersih dari kerak dan lembut halus.

Sebenarnya lebih bagus menggunakan cara alami untuk rambut bayi yakni dengan menggunakan daun seledri untuk menstimulasi pertumbuhan rambut dan baik untuk kulit kepala.

Nah itulah tadi ulasan lengkap tentang 7 Hal Penting Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir, yang bisa kamu coba sekarang juga. Apabila ada pertanyaan yang ingin kamu sampaikan silahkan tulis dikolom komentar di bagian bawah ya. Sekian dan Terimakasih.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS