0
Home  ›  Kesehatan

Inilah Bahaya Kesemutan (Kebas) pada Bagian Kaki dan Tangan

Inilah Bahaya Kesemutan (Kebas) pada Bagian Kaki dan Tangan, Kesemutan disebut juga kebas atau rasa menggelitik yang menyerang anggota tubuh misalnya seperti kaki dan tangan. Saya sendiri sering mengalaminya hal tersebut dan juga belum tahu pasti apakah kesemutan ini sebuah penyakit atau bukan.

Tentu saja sudah tidak asing lagi kita dengar atau pun kita rasakan sendiri pastinya. Kesemutan atau kebas biasanya sering kali menyerang pada bagian bawah kaki atau pun tangan, mengapa demikian?

Karena menurut pengalaman pribadi saya kesemutan ini bisa terjadi karena anggota tubuh kaki dan tangan kita memiliki serabut saraf, sehingga apabila serabut saraf tersebut dalam keadaan posisi yang terlipat atau pun kaku maka ia akan memberikan respon tersendiri bagi tubuh kita seperti rasa kebas atau ribuan tusukan-tusukan kecil yang menggelitik.



Menurut Saya penyebabnya juga ini dikarenakan oleh saluran peredaran darah menjadi tersumbat akibat terlipat nya serabut saraf tersebut. Biasanya sering kali aktivitas yang kita lakukan menjadi faktor utamanya contohnya katakanlah saat kita sedang duduk menonton televisi atau bermain didepan laptop berjam-jam dengan posisi duduk begitu-begitu atau juga jarang bergerak saja seperti kaki atau tangan tertekan atau pun terlipat, hal ini bisa saja memicu tejadi nya kesemutan. Ini merupakan kesemutan yang sudah sering terjadi pada orang normal sehingga pada umumnya ini bukanlah hal yang cukup serius.

Cara Mengatasi Kesemutan :

Memanfaatkan Air Kran
Derasan yang mengalir pada air kran ini bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan rasa kebas yaitu dengan cara menahan derasan air pada bagian kesemutan misalnya pada kaki Anda yang kebas, maka kaki Anda harus disiram dengan derasan air kran tersebut. (Ini adalah salah satu terapi alami yang sering saya lakukan).

Handuk Berbulu Kasar
Nah, Anda bisa mencobanya dengan menggusuk bagian tubuh yang kebas dengan menggunakan handuk berbahan bulu kasar.

Gunakan Sabuk Kelapa Kering
Cara ini yang dilakukan oleh orang jaman dulu untuk mengatasi rasa kebas dan kesemutan pada bagian kaki dan tangan yaitu dengan menggosok-gosokan sabuk kelapa kering tersebut pada bagian tubuh yang merasa kebas.

Menggerakkan Anggota Tubuh
Pertama renggang kan kaki dan tangan Anda terlebih dahulu dan lawan rasa kebas ini dengan melakukan gerakan sebanyak mungkin. Anda bisa juga menggoyang-goyang kan kaki  atau tangan terus menerus.

Dan beberapa tips pribadi dari Saya diatas tentu saja bisa Anda coba sendiri dirumah, cara diatas sering kali Saya terapkan untuk mengatasi rasa kebas atau kesemutan saat menyerang bagian pada kaki atau pun tangan.

Namun di satu sisi penyebab terjadinya kesemutan atau kebas bisa saja disebabkan oleh sebuah penyakit akibat adanya gangguan ada serabut saraf tersebut. Tentu saja hal ini harus ada ambil tindakan lanjut, apabila Anda sendiri sering sekali mengalami kesemutan sebaiknya periksalah ke dokter dan apakah Anda tergolong dari orang-orang yang mengidap beberapa penyakit berbahaya ini seperti sakit jantung?

Perlu Anda ketahui, beberapa penyakit seperti contohnya saja penyakit jantung sering kali merasa kesemutan (kebas) pada anggota tubuhnya akibat adanya gangguan serabut saraf.

Bahaya Kesemutan (Kebas) pada Kaki dan Tangan :
Apa saja penyakit yang berbahaya yang dapat memicu terjadinya kesemutan ( kebas ) silahkan simak berikut dibawah ini.

1. Menderita Penyakit Diabetes
Para penderita diabetes ini biasanya mengalami kerusakan pada bagian pembuluh darah yang mengakibatkan darah yang mengalir dari ujung saraf akan menjadi berkurang, sehingga terjadinya kesemutan.

2. Menderita Penyakit Rematik
Salah satu penyebab paling sering terjadinya kesemutan adalah penderita rematik, orang yang mengalami rematik ini akan sangat sering mengalami kesemutan. Saat rematik sembuh, kesemutan dan rasa kebas pun jarang terjadi.

3. Menderita Penyakit Stroke
Penderita penyakit stroke ini merupakan faktor utama terjadinya gangguan saraf pada manusia, gangguan saraf ini akan mempengaruhi anggota tubuh seperti tangan dan kaki yang terasa kebas.

4. Menderita Penyakit Jantung
Penderita penyakit jantung juga biasanya akan mengalami gangguan komplikasi terutama pada bagian saraf. Gangguan ini biasanya mengalami penyumbatan darah di otak pada bagian sensorik, sehingga hal ini dapat menimbulkan kesemutan atau rasa kebas pada bagian anggota tubuh.

Nah, bagi kalian pencinta kesehatan. Itulah beberapa penyakit berbahaya yang dapat memicu terjadi kesemutan atau kebas. Maka dari itu jika Anda sering mengalami rasa kesemutan, cobalah untuk datang atau periksa ke dokter siapa tahu mungkin Anda salah satu penderita penyakit di atas.

Ingat!! Pastikan juga Kita tidak kekurangan vitamin E, B1, B6, B12 dan Niasin. Vitamin-vitamin jenis ini dapat sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan saraf. Semoga bermanfaat dan terimakasih! 
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS