Cara Burn ISO di Mac Menggunakan Etcher: Cepat dan Mudah

Cara Burn ISO di Mac Menggunakan Etcher: Cepat dan Mudah, Jadi kemarin saya mau install Linux Mint di laptop jadul bersejarah yang saya miliki. Tentu hal pertama yang saya butuhkan setelah download adalah bagaimana cara membuat bootable flashdisk pada Mac dan tanpa sengaja saya menemukan tool yang keren untuk burn ISO di mac dengan mudah dan cepat.



Tool ini bernama Etcher. Memang sih Etcher ini masih berstatus beta, tetapi dari sepanjang penggunaan saya untuk burn ISO pada Mac beberapa kali, saya tidak menemui kendala ( masalah ) sama sekali. Bahkan harus saya akui tools Etcher ini sangat cepat dan mudah untuk membuat bootable flashdisk di macOS.

Burn ISO di Mac Cepat dan Mudah


Tidak ada opsi membingungkan yang disuguhkan oleh Etcher. Kamu hanya disuguhi dengan 3 urutan langkah yaitu Pilih Image File (ISO) lalu pilih drive yang akan di burn (USB flashdisk / SD Card), dan tekan Flash untuk memulai.
Udah gitu aja. Simple kan?

Support USB Flashdisk dan SD Card


Etcher tidak hanya bisa anda gunakan untuk membuat bootable flashdisk, tetapi juga mendukung untuk burning file ISO ke SD Card di Mac. Tools Etcher ini bakal secara otomatis mendeteksi flashdisk ataupun SD Card sehingga meminimalisir salah pilih drive saat burning.


Tampilan Cantik


Berbeda dengan beberapa tool ISO burner lainnya yang punya tampilan kaku dengan berbagai opsi pengaturan kompleks, tampilan Etcher ini cantik karena kesederhanaanya.


Proses burning dan validasi juga sudah dilengkapi dengan animasi progress yang membuat kita bisa tahu sudah berapa persen proses telah berjalan. Bahkan aja juga perkiraan kurang berapa menit proses burning akan selesai.

Open Source, Download Disini
Etcher ini Open Source, sehingga bisa anda bisa download dan gunakan dengan gratis. Silakan download Etcher di link berikut ini:


Recommended


Kecepatan, kemudahan, serta kesederhanaan Etcher sebagai aplikasi untuk burn ISO dan membuat flashdisk bootable di Mac membuat saya tanpa ragu merekomendasikan aplikasi ini.


Jadi jika anda ingin membuat bootable USB flashdisk atau sekedar burn file ISO di Mac, Etcher sangat layak untuk anda gunakan. Jangan lupa untuk share artikel ini dan tinggalkan komentar anda apabila mengalami masalah, Terimakasih
Komentar