Fitur Multitasking iPhone dan iPad iOS 10 Yang Harus Diketahui

Fitur Multitasking iPhone dan iPad iOS 10 Yang Harus Diketahui, iPhone dan iPad kebanyakan ini sudah support iOS 10. Iya, dengan iOS 10 terbaru, anda bisa menggunakan beragam fitur multitasking. Fitur multitasking di iPad lebih bagus ketimbang di iPhone meskipun sama-sama menggunakan iOS 10.

Hal ini tidak lepas dari sebuah fakta yang mengatakan bahwa iPad adalah perangkat tablet yang secara teori lebih mampu mengerjakan beragam pekerjaan yang lebih berat dari pada sebuah smartphone. Dukungan layar yang besar dan lebar serta memiliki prosesor yang lebih cepat menjadi buktinya.


Ada beberapa fitur multitasking di iOS 10 yang bisa dilakukan di iPad namun tidak bisa dilakukan di iPhone. Nah berikut ini adalah beragam fitur multitasking yang bisa dilakukan di perangkat iOS 10, baca dengan teliti yaa


Picture in Picture
Fitur ini sebenarnya bukan fitur baru dalam dunia tablet, namun menjadi salah satu fitur unggulan di iPad ketika iOS 9 dirilis. Iya, sekarang anda sudah bisa menonton video dengan mini thumbnail dari luar aplikasi video.

Jadi anda tidak perlu lagi harus selalu berada di aplikasi video. Anda bisa putar sebuah video dari aplikasi video lalu tekan tombol home sekali untuk kembali ke halaman home screen, anda bisa melihat video anda juga ikut tampil di sana.

App Switcher
Fungsi dari App Switcher ini tentu saja sebagai alat untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain. App switcher bisa anda akses dengan cara menekan dua kali tombol home dan anda akan melihat semua riwayat aplikasi.

App Switcher ini hanya berisi aplikasi yang baru-baru ini anda gunakan. Meskipun masih tersimpan di memori, namun aplikasi yang ada di App switcher ini tidak dalam kondisi yang aktif sehingga tidak akan menyedot baterai terlalu banyak atau membuat baterai boros.


Fitur App Switcher ini merupakan fitur bawaan iOS yang bisa digunakan di semua perangkat iOS seperti contohnya di iPad, iPhone dan iPod Touch. Tampilan App Switcher ini mengalami perubahan di iOS 9 dan tetap bertahan hingga iOS 10 sampai saat ini.

Split View
Ini dia fitur Split View yang benar-benar membuat anda bisa menggunakan dua aplikasi secara bersamaan. Yap anda benar-benar bisa menggunakan dua aplikasi dan bisa bekerja sama satu sama lainnya. Berbeda dengan Slide Over yang hanya menjalankan sebuah aplikasi di atas sebuah aplikasi.

Fitur ini jelas sangat berguna buat anda yang sering menggunakan dua aplikasi sekaligus. Misalnya satu aplikasi Word dan satu aplikasi browser untuk membantumu mencari informasi yang anda butuhkan.

Sayangnya, fitur ini hanya tersedia pada iPad Air 2 dan iPad Pro saja. Hal ini karena menjalankan dua aplikasi sekaligus bisa membuat kinerja iPad menjadi lambat ( lemot ), sehingga Apple lebih memilih untuk memberikan fitur ini ke iPad yang lebih baru dan lebih canggih tentunya.

Slide Over
Salah satu fitur unggulan iPad dalam menggunakan multitasking adalah fitur Slide Over. Fitur ini memungkinkan anda untuk menggunakan satu aplikasi ketika anda sedang menggunakan sebuah aplikasi.


Iya, aplikasi akan “melayang” di sisi kanan tampilan dan anda bisa mengaksesnya dengan cara gesek dari kanan ke kiri dari sisi kanan tampilan, entah itu dengan orientasi portrait atau landscape.

Fitur Slide Over ini bisa digunakan pada iPad yang support iOS 9. Meskipun menjalankan sebuah aplikasi di atas sebuah aplikasi, namun fitur ini terbukti tidak membuat kinerja iPad menjadi berat. Jadi dijamin aman untuk kalian gunakan.

Bagaimana tertarik untuk mencobanya? Anda sering menggunakan fitur multitasking iOS yang mana? Tinggalkan di kolom komentar ya
Komentar