0
Home  ›  PC

7 Skill Ini Wajib di Kuasai Jika Ingin Sukses Jadi Seorang Programmer

7 Skill Ini Wajib di Kuasai Jika Ingin Sukses Jadi Seorang Programmer, Bidang IT merupakan salah satu bidang ilmu yang paling berkembang selama beberapa dekade belakangan ini. Bidang IT atau yang umumnya dikenal sebagai bidang teknologi informasi yang kebanyakan melibatkan pemanfaatan komputer memang telah banyak memberikan manfaat bagi manusia.

Dengan perkembangan dalam bidang IT yang sangat pesat, banyak sekali orang-orang khususnya kaum muda yang berlomba-lomba untuk bekerja di industri IT itu sendiri karena dianggap memiliki masa depan yang cerah. Namun, sebelum benar-benar terjun ke industri IT tentunya kamu harus memiliki sejumlah skill atau keahlian relevan agar mampu bertahan di industri yang tergolong keras ini. Apa saja skill yang wajib kamu kuasai agar bisa meraih sukses di industri IT? Berikut pembahasannya.



7 Skill Ini Wajib di Kuasai Jika Ingin Sukses Jadi Seorang Programmer

1. Pemrograman Web
Website merupakan salah satu hal yang saat ini banyak sekali dibutuhkan. Mulai dari perorangan, perusahaan swasta hingga sampai ke lembaga negara umumnya membutuhkan yang namanya sebuah website sebagai media promosi atau media penyimpanan informasi. Nah, tentu saja kamu tidak boleh membuang peluang ini dan segeralah mulai belajar pemrograman website.

2. Pemrograman Android
Popularitas perangkat smartphone yang berbasi Android memang belakangan ingin terus meroket secara langsung juga turut meningkatkan kebutuhan akan aplikasi berbasis Android. Melihat kebutuhan tersebut, tentunya menguasai pemrograman Android akan menjadi suatu keunggulan yang sangat menguntungkan sekali.

3. Pemahaman Big Data
Yang dimaksud dengan big data yaitu kumpulan data atau informasi dalam jumlah yang sangat besar serta memiliki jenis yang beragam. Untuk bisa memahami sebuah big data ini, seseorang harus terlebih dahulu memahami tentang apa itu analisis data dan data mining. Kebutuhan akan para ahli di bidang ini oleh perusahaan yang besar di seluruh dunia terus meningkat hingga saat ini karena sebuah big data ini di yakini dapat meningkatkan relasi perusahaan dengan pelanggan mereka.

Tentu saja, selain kemampuan analisis data dan data mining kamu juga harus memiliki kemampuan programming yang baik jika ingin berkarir sebagai seorang ahli big data.


4. Network Engineering
Salah satu keahlian lain yang harus kamukuasai agar bisa sukses di bidang IT yaitu pemahaman tentang jaringan komputer mulai dari teori hingga prakteknya (konfigurasi dan sebagainya). Meskipun tidak sebanyak dibidang programming, tetapi proyek di bidang jaringan komputer juga tergolong sangat menjanjikan dan menggiurkan.

5. Pemahaman Teknologi Cloud
Teknologi Cloud merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan pemanfaatan teknologi komputer dan internet. Teknologi ini memungkinkan manusia menyimpan berbagai informasi di internet sehingga tidak memenuhi ruang hard disk serta dapat diakses dengan mudah dari mana saja dan kapan pun. Media sosial serta sebagainya yang menggunakan teknologi cloud ini serta kurangnya para ahli teknologi cloud hingga saat ini, saya rasa mengasah kemampuan kamu terkait bidang ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

6. Manajemen Proyek IT
Selain skill inti seperti programming, pemahaman jaringan komputer dan big data, salah satu skill yang harus kamu kuasai agar bisa bekerja serta berkarir di bidang IT yaitu kemampuan manajemen proyek. Berbeda dengan manajemen proyek pada umumnya, untuk melakukan manajemen proyek IT berarti kamu sendiri harus memahami bagaimana kebutuhan pasar serta cara kerja sistem yang kamu buat.

Kamu juga harus memiliki kemampuan untuk koordinasi serta analisis yang baik agar tim yang kamu pimpin bisa menyelesaikan proyek IT tepat waktu serta sesuai dengan spesifikasi klien.

7. Cyber Security
Dunia terus-menerus diteror oleh para hacker-hacker yang selalu berusaha mencuri suatu informasi atau data yang sangat penting dari suatu perusahaan melalui sebuah jejaring internet. Hal seperti ini akan membuat para pemilik perusahaan mau tidak mau harus mencari seorang ahli keamanan cyber atau bahasa umunya Cyber Security untuk mengamankan sebuah data-data penting mereka.

Kamu harus memiliki pengetahuan mumpuni seputar jaringan komputer dan internet serta dilengkapi dengan skill pemrograman yang baik.


Itulah tadi 7 skill atau keahlian yang wajib kuasai agar bisa sukses berkarir di bidang IT, semoga bermanfaat dan selamat belajar. Kesimpulannya dari ketujuh keahlian di atas, keahlian programming dan big data merupakan yang paling populer dan paling menjanjikan.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS